Bacaan Surat Yasin Lengkap 83 Ayat Latin, Arab, Artinya Indonesia Sebelum Tahlil saat Yasinan dan Tahlilan

- 16 Juni 2022, 16:07 WIB
Bacaan Surat Yasin lengkap 83 ayat tulisan latin, arab, artinya bahasa Indonesia dibaca sebelum tahlil saat yasinan dan tahlilan.
Bacaan Surat Yasin lengkap 83 ayat tulisan latin, arab, artinya bahasa Indonesia dibaca sebelum tahlil saat yasinan dan tahlilan. /unsplash/Masjid Pogung Dalangan

BERITA DIY - Bacaan Surat Yasin lengkap 83 ayat dalam tulisan latin, bahasa arab, dan artinya bahasa Indonesia yang biasanya dbaca sebelum tahlil saat tahlilan dan yasinan di malam Jumat tersedia di sini.

Sebagian umat islam di Indonesia, khsusnya waega Nahdlatul Ulama atau NU sering membaca Surat Yasin lengkap 83 ayat di malam Jumat, selain surat Al Kahfi keesokan harinya.

Tidak sedikit pula yang kemudian menyempurnakannya dengan membaca bacaan tahlil dan doa arwah untuk mendoakan ruh anggota keluarga yang sudah meninggal dunia.

Di Wonosobo, Jawa Tengah, aktivitas membaca Surat Yasin, tahlil, dan mendoakan arwah orang yang sudah meninggal masih dilaksanakan hingga saat ini.

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin dan Tahlil Latin dan Arab Beserta Artinya Bahasa Indonesia LENGKAP

Bahkan, tidak sedikit pula kampung-kampung di sana yang menggelar acara ini secara rutin dan berjamaah, bergiliran bertempat di rumah seorang jamaah kemudian berpindah ke rumah lain di malam Jumat berikutnya.

Kegiatan yang sering disebut tahlilan dan yasinan ini juga kadang ditutup dengan makan bersama yang disediakan oleh tuan rumah, dengan hidangan apa saja selama tidak merepotkan.

Salah satu contohnya yakni dengan menghidangkan makanan Sego Megono. Makanan khas Wonosobo dengan tambahan Tempe Kemul hangat yang sangat nikmat disajikan setelah tahlilan dan yasinan.

Selain untuk mempererat silaturahim, kegiatan ini juga bertujuan untuk saling membantu dan menguatkan ukhiwah islamiyah dan saling memahami kondisi antartetangga.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x