Bagaimana Cara Pinjam Uang di Pegadaian Tanpa Jaminan? Ini Barang yang Bisa Dijadikan Jaminan di Pegadaian

- 4 Juni 2022, 12:45 WIB
Ilustrasi pinjaman, cara pinjam uang di pegadaian tanpa jaminan serta barang yang bisa dijadikan jaminan di pegadaian.
Ilustrasi pinjaman, cara pinjam uang di pegadaian tanpa jaminan serta barang yang bisa dijadikan jaminan di pegadaian. /Tangkap layar/digilend.pegadaian.co.id

BERITA DIY - Berikut informasi cara pinjam uang di pegadaian tanpa jaminan serta barang yang bisa dijadikan jaminan di pegadaian.

Informasi mengenai cara pinjam uang di pegadaian tanpa jaminan banyak dicari oleh masyarakat.

Pegadaian adalah perusahaan BUMN yang menawarkan jasa peminjaman uang kepada masyarakat dengan jaminan benda milik masyarakat yang ingin melakukan pinjaman uang.

Baca Juga: Harga Emas Antam dan UBS 24 Karat Hari Ini Sabtu 4 Juni 2022 di Pegadaian: Cek Naik Atau Turun di Sini

Seseorang yang akan meminjam uang di pegadaian akan dimintai jaminan yang nantinya akan disimpan hingga seseorang itu bisa melunasi pinjaman uangnya.

Jaminan yang diminta oleh Pegadaian juga beragam mulai dari kendaraan hingga surat-surat berharga.

Dikutip dari sahabatpegadaian.com, ada beberapa barang yang bisa dijadikan jaminan jika ingin meminjam uang di Pegadaian.

Berikut ini barang apa saja yang bisa Anda jadikan jaminan untuk mendapatkan pinjaman uang di Pegadaian:

Baca Juga: Harga Emas 24 Karat di Pegadaian Hari Ini Turun, Antam dan UBS Makin Murah, Cek Daftar Harganya

1. Kendaraan

Untuk menjadikan kendaraan Anda sebagai jaminan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu untuk kendaraan bermotor, Anda harus pahami bahwa motor yang bisa Anda gadai adalah motor dengan masa produksi minimal 5 tahun terakhir.

Selain itu, merek motor yang bisa digadaikan merupakan semua merek yang telah beredar di pasaran, kecuali motor dengan pabrikan Tiongkok.

Sedangkan untuk kendaraan mobil, yang bisa Anda gadaikan yaitu mobil dengan masa produksi minimal 10 tahun terakhir.

2. BPKB Kendaraan

Untuk bisa menggadaikan BPKB kendaraan, hanya bisa melalui produk Pegadaian yaitu Kreasi dan Arrum. Artinya, jaminan berupa BPKB ini hanya ditujukan bagi mereka yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya.

Baca Juga: Harga Emas Antam 24 Karat Pegadaian Hari Ini Jumat 27 Mei 2022 Anjlok, 1 Gram Dibanderol Rp1.028.000

3. Emas

Jika Anda memiliki simpanan emas baik berupa emas batangan maupun perhiasan, Anda bisa menggadaikannya untuk sementara.

Mendapatkan uang pinjaman juga jauh lebih mudah dengan menggunakan emas. Emas juga dikenal memiliki nilai jual yang tinggi dibandingkan barang lainnya.

4. Barang Elektronik

Untuk menggadaikan barang elektronik ada beberapa hal yang harus anda perhatikan disini yaitu, pastikan barang elektronik yang akan anda gadaikan dengan masa produksi 1 tahun terakhir.

Baca Juga: Harga Emas Antam di Pegadaian Hari Ini Rabu 25 Mei 2022 Naik: 1 Gram Dibanderol Rp1.027.000, Berikut Daftarnya

Jika anda ingin menggadaikan Televisi, pastikan juga televisi yang anda miliki bertipe LED, karena saat ini televisi tabung sudah tidak diminati pasar.

Selain empat barang yang bisa dijadikan jaminan untuk meminjam uang di Pegadaian, PT Pegadaian (Persero) meluncurkan produk Pinjaman Modal Produktif dengan agunan surat penagihan hutang atau invoice.

Artinya, nasabah yang ingin melakukan pinjaman di Pegadaian tidak perlu lagi menggunakan aset fisik sebagai jaminan.

Baca Juga: Harga Emas Antam 24 Karat Pegadaian Hari Ini Jumat 27 Mei 2022 Anjlok, 1 Gram Dibanderol Rp1.028.000

Bagi nasabah yang akan menggunakan produk tersebut harus melampirkan copy invoice sebagai agunan tanpa perlu menjaminkan aset secara fisik.

Sementara untuk Prosesnya dilakukan secara online melalui situs https://digilend.pegadaian.co.id sehingga mudah dan cepat.

Proses peminjaman dengan nilai di bawah Rp1 miliar membutuhkan waktu tiga hari kerja, sedangkan pinjaman lebih dari Rp1 miliar membutuhkan waktu tujuh hari kerja setelah semua dokumen dilengkapi.

Baca Juga: Harga Emas Antam Pegadaian Sore Ini, Senin, 23 Mei 2022 Naik atau Turun? Cek Daftarnya di Sini

Demikian informasi cara pinjam uang di pegadaian tanpa jaminan serta barang yang bisa dijadikan jaminan di pegadaian.***

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x