Tanggal Merah Bulan Juni 2022 Kapan Saja? Ini Daftar Hari Besar dan Penjelasan 1 Juni Libur Hari Apa

- 30 Mei 2022, 11:10 WIB
Ilustrasi - 1 Juni 2022 memperingati hari apa, daftar hari besar dan tanggal merah Juni 2022.
Ilustrasi - 1 Juni 2022 memperingati hari apa, daftar hari besar dan tanggal merah Juni 2022. /PIXABAY/200degrees

BERITA DIY - Berikut merupakan daftar tanggal merah dan hari besar pada bulan Juni 2022 beserta penjelasan 1 Juni libur apa.

Pada bulan Juni 2022 sendiri terdapat salah satu hari libur atau tanggal merah yang akan diperingati oleh masyarakat Indonesia.

Mengingat penetapan hari libur nasional atau tanggal merah sendiri akan dilakukan atau ditetapkan berdasarkan pada hari besar seperti hari besar pada keagamaan maupun hari-hari penting negara.

Baca Juga: Tanggal Merah Bulan Juni 2022: Ada Berapa Hari Libur dan Apakah tanggal 1 Juni Termasuk Libur Nasional?

Sedangkan untuk bulan Juni 2022, sesuai dengan yang telah ditetepkan pada SKB 3 Menteri mengenai Hari Libur Nasional dan Tanggal Merah bahwa terdapat 1 tanggal merah yang jatuh pada 1 Juni 2022 mendatang.

Pada 1 Juni 2022 tersebut, masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Lahir Pancasila yang kemudian menjadi ideologi atau falsafah bagi kehidupan bangsa dan negara Indonesia.

Selain terdapat tanggal merah merayakan hari lahir Pancasila, pada bulan Juni 2022 ini juga terdapat sejumlah hari besar yang nantinya akan diperingati namun tidak masuk sebagai tanggal merah.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi Vaksin Booster di Jakarta Hari Ini 30 Mei, Beserta Cara Daftar Vaksinasi Dosis Ketiga

Dikutip dari kesbangpol.madiunkab.go.id, penetapan mengenai hari lahir Pancasila ini sendiri merujuk pada peristiwa pertama kalinya Pancasila dibacakan dalam pidato Soekarno pada 1 Juni 1945.

Pembacaan Pancasila yang dilakukan untuk pertama kali tersebut diketahui dilakukan pada saat dalam forum sidang BPUPKI yang kemudian secara resmi ditetapkan sebagai dasar negara.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x