Sejarah Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2022 Apakah Hari Libur Nasional? Daftar Sisa Tanggal Merah 2022

- 29 Mei 2022, 21:25 WIB
Ilustrasi sejarah Hari Lahir Pancasila beserta apakah tanggal 1 Juni 2022 hari libur nasional.
Ilustrasi sejarah Hari Lahir Pancasila beserta apakah tanggal 1 Juni 2022 hari libur nasional. /freepik.com/Freepik

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Lahir Pancasila beserta apakah tanggal 1 Juni 2022 ditetapkan sebagai hari libur nasional hingga daftar sisa tanggal merah tahun 2022.

Masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Rabu, tanggal 1 Juni 2022 mendatang. Lalu apakah momen bersejarah itu termasuk dalam salah satu tanggal merah?

Dikutip dari semarangkota.go.id, sejarah Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 berawal dari judul pidato yang disampaikan oleh Presiden Seoekarno pada tanggal 1 Juni 1945.

Baca Juga: Link Twibbon Hari Lahir Pancasila 2022 1 Juni, Beserta Cara Pasang untuk Dibagikan di Status WA dan IG

Ketika itu para negarawan yang termasuk dalam anggota BPUPKI mengadakan pertemuan pertama untuk membahas dasar negara yang diadakan mulai tanggal 28 Mei hingga 1 Juni 1945.

Perhelatan momen bersejarah itu terjadi di Gedung Choi atau saat ini dinamai Gedung Pancasila yang terletak di Jakarta.

Namun pertemuan tak langsung menemui titik terang. Hingga pada tanggal 1 Juni 1945 Soekarno mendapat giliran untuk menyampaikan gagasan tentang dasar negara Indonesia ketika merdeka.

Baca Juga: Hari Libur atau Tanggal Merah Bulan Juni 2022 Lengkap Daftar Perayaan Hari Besar Nasional dan Internasional

Soekarno menamai dasar negara dengan sebutan Pancasila. Pidato yang ia sampaikan pun tidak dipersiapkan ke dalam bentuk tulisan. Namun gagasannya justru diterima oleh para anggota BPUPKI.

Setelah itu, BPUPKI membentuk tim kecil yang terdiri dari sembilan orang termasuk Bung Karno sendiri untuk mematangkan gagasan tentang Pancasila dan menyusun Undang-Undang Dasar yang berlandaskan Pancasila.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x