Cara Memberi Pertolongan Pertama bagi Orang yang Terkena Rabies Akibat Gigitan Anjing

- 18 Mei 2022, 15:59 WIB
Ilustrasi penyakit rabies dari gigitan anjing. Cara memberi pertolongan pertama bagi orang yang terkena rabies akibat gigitan anjing.
Ilustrasi penyakit rabies dari gigitan anjing. Cara memberi pertolongan pertama bagi orang yang terkena rabies akibat gigitan anjing. /PIXABAY/@Chiemsee2016

BERITA DIY - Berikut ini bahaya yang dapat timbul dari penyakit rabies yang disebabkan oleh gigitan anjing dan perlu diwaspadai, ini pertolongan pertama yang dapat dilakukan pada korban.

Dikutip BERITA DIY dari laman Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Bali, rabies merupakan salah satu penyakit menular akut yang menyerang susunan saraf manusia dan hewan yang disebabkan oleh virus rabies.

Penularan penyakit rabies melalui saliva atau hewan seperti anjing, kucing, dan kera. Perlu diketahui bahwa penyakit rabies pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1884 ditemukan pada kuda, lalu tahun 1889 ditemukan pada anjing.

Baca Juga: Cara Menurunkan Demam Pada Anak Secara Alami, Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan Agar Panas Mereda

Penyakit rabies menyerang manusia untuk kasus di Indonesia pertama kali terjadi pada tahun 1894 ditemukan oleh EV De Haan yang merupakan orang Belanda.

Masa inkubasi virus ini ketika masuk ke dalam tubuh manusia dan hewan mengalami perbedaan waktu. Pada manusia inkubasinya dua sampai delapan minggu, sedangkan pada hewan tiga sampai delapan minggu.

Setelah masa inkubasinya virus akan mulai bergerak mencapai ujung serabut saraf posterpis namun tidak menunjukan perubahan pada fungsi.

Baca Juga: 5 Cara Pertolongan Pertama Saat Mengalami Sesak Nafas

Virus ini akan terus bergerak menuju otak dan berkembang biak sehingga masuk ke otak dengan jumlah yang maksimal. Setelah itu virus rabies akan bergerak ke seluruh jaringan dan organ tubuh manusia.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x