Bacaan Doa Halal Bi Halal Saat Lebaran Selain Taqobalallahu Minna Wa Minkum Beserta Sejarah Silaturahmi

- 1 Mei 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi silaturahmi Hari Raya Idul Fitri, bacaan doa halal bi halal saat Lebaran.
Ilustrasi silaturahmi Hari Raya Idul Fitri, bacaan doa halal bi halal saat Lebaran. /PEXELS/mentaldgt

BERITA DIY - Simak bacaan doa halal bi halal saat Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri selain Taqobalallahu minna wa minkum beserta sejarah silaturahmi.

Momen Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah saat di mana umat Islam melakukan halal bi halal atau sering disebut dengan saling bermaafan.

Tradisi halal bi halal ini bisa dilengkapi dan sangat dianjurkan dengan mengucapkan bacaan doa. Satu yang paling lazim adalah Taqobalallahu minna wa minkum.

Baca Juga: Puan Maharani Kisahkan Sejarah Istilah Halal Bihalal dari KH Wahab Hasbullah dan Peran Bung Karno

Ada beragam bacaan doa ketika silaturahmi dengan keluarga, sahabat, maupun orang lain yang tentunya memiliki arti yang baik dan memohon keberkahan Allah SWT.

Berdasarkan essay yang ditulis oleh Astrida, S.Pd.I dikutip dari laman sumsel.kemenag.go.id, secara bahasa, 'halal bi halal' berarti 'acara maaf-maafan pada hari Lebaran'.

Dengan kata lain, 'halal bi halal' memiliki makna yang sama dengan silaturahmi atau menjaga hubungan baik antara sesama.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Syawal 2022: Mulai Kapan, Berapa Hari, dan Keutamaannya Menurut Hadist Shahih

Sementara itu, 'halal bi halal' dalam bahasa Aram berasa dari kata 'halla' atau 'halala' yang memiliki arti penyelesaian masalah, meluruskan benang kusut, hingga mencairkan yang beku dan melepaskan ikatan yang membelenggu.

Pada konteks Idul Fitri, kesimpulan dari makna 'halal bi halal' adalah suatu kegiatan untuk saling memaafkan atas kesalahan dan kekhilafan saat Lebaran melalui silaturahmi.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah