Hasil Sidang Isbat, Lebaran Jatuh pada 2 Mei? Ini Penjelasan dan Link Live Streaming Penetapan 1 Syawal 1443

- 1 Mei 2022, 16:30 WIB
Hasil sidang Isbat 2022 dari Kemenag, benarkan lebaran jatuh pada 2 Mei? Ini penjelasan dan link live streaming penetapan 1 Syawal 1443.
Hasil sidang Isbat 2022 dari Kemenag, benarkan lebaran jatuh pada 2 Mei? Ini penjelasan dan link live streaming penetapan 1 Syawal 1443. /Pexels.com/RODNAE Productions

BERITA DIY – Hasil sidang Isbat 2022, benarkah lebaran jatuh pada tanggal 2 Mei? Ini penjelasan dan link live streaming penetapan 1 Syawal 1443.

Sidang isbat adalah sidang untuk penetapan pergantian bulan dalam kalender Hijriah. Pada umumnya, sidang isbat di Indonesia akan digelar pada 29 sesuai kalender Hijriah.

Sidang isbat cukup penting dalam penentuan awal bulan, terlebih menentukan awal bulan Syawal sebagai penentu lebaran 2022 jatuh pada tanggal berapa.

Baca Juga: Hasil Resmi Sidang Isbat Lebaran 2022 Bisa Cek Di Sini: Hari Raya Idul Fitri NU, Muhammadiyah Tanggal Berapa

Dalam sidang isbat dilakukan dalam tiga tahap, yakni tahap pertama, pemaparan posisi hilal yang dilakukan oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag. Kemudian, tahap kedua, dilakukan sidang isbat secara tertutup dihadiri ormas Islam dan negara sahabat.

Untuk kepastian jam berapa pelaksanaan sidang isbat, pihak Kemenag belum menjelaskan, tetapi mengaca pada sidang isbat penetapan awal bulan Ramadhan akan digelar selepas sholat magrib.

Sidang Isbat penetapan lebaran 2022, Kemenag berencana akan menggelar di Auditorium HM Rasjidi di Kementerian Agama. Sebelum sidang, akan ada seminar pemaparan posisi hilal dari tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag.

Baca Juga: Hasil Sidang Isbat Lebaran 2022 Penetapan 1 Syawal 1443 H, Diputuskan Sekarang Ada Kemungkinan Bersama?

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, menjelaskan dalam sidang isbat penentu 1 Syawal 1443 akan mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x