Waktu Shalat Idul Fitri, Beserta Tata Cara dan Bacaan Niat Lengkap Arab, Latin, dan Arti Bahasa Indonesia

- 1 Mei 2022, 19:30 WIB
Ilustrasi - Ini tata cara, bacaan niat, dan waktu pelaksanaan Shalat Ied Idul Fitri.
Ilustrasi - Ini tata cara, bacaan niat, dan waktu pelaksanaan Shalat Ied Idul Fitri. /FREEPIK/rawpixel.com

BERITA DIY - Informasi lengkap mengenai waktu pelaksanaan, tata cara lengkap dengan bacaan niat Shalat Idul Fitri yang dilakukan pada 1 Syawal 1443 H.

Amalan atau ibadah yang dapat dilakukan oleh umat Islam pada saat masuk dalam waktu 1 Syawal atau Idul Fitri adalah dengan menjalankan Shalat Ied seperti yang dianjurkan.

Dalam hukumnya, melaksanakan Shalat Ied atau Shalat Idul Fitri merupakan ibadah yang bersifat sunnah sama seperti yang dianjurkan dalam ibadah seperti Shalat Ied yang dilakukan pada saat Idul Adha.

Baca Juga: Amalan pada Malam Lailatul Qadar: Tata Cara dan Bacaan Niat Shalat Lailatul Qadar, Berapa Jumlah Rakaat?

Mengenai pelaksanaan Shalat Idul Fitri sendiri seperti yang dianjurkan sebaik-baiknya dapat dilakukan atau dilaksanakan secara berjamaah, namun melaksanakannya secara sendiri juga diperbolehkan jika mengalami hal-hal tertentu.

Selain dapat dilakukan secara jamaah dan sendiri, ibadah Shalat Idul Fitri juga disebutkan dianjurkan untuk dilaksanakan secara terbuka, bagi yang akan menjalankannya di rumah juga diperbolehkan.

Sebelum nantinya dapat melaksanakan ibadah Shalat Idul Fitri, umat Islam dapat terlebih dahulu mengetahui seperti waktu pelaksanaan, tata cara, beserta dengan bacaan niat yang dapat dilafalkan.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Tasbih di Bulan Ramadhan: Bacaan Niat, Berapa Rakaat, Waktu Dikerjakan, Doa Sesudah Shalat

Terkait dengan waktu kapan pelaksanaan ibadah Shalat Idul, juga memiliki ketentuan atau anjuran yang dapat dilakukan oleh umat Islam dalam menjalankan ibadah sunah yang dilakukan pada 1 Syawal tersebut. 

Mengutip dari laman jatim.nu.or.id, diketahui bahwa waktu melaksanakan Shalat Idul Fitri tersebut dianjurkan atau telah dapat dilaksanakan mulai pada saat matahari mulai terbit.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x