Amalan pada Malam Lailatul Qadar: Tata Cara dan Bacaan Niat Shalat Lailatul Qadar, Berapa Jumlah Rakaat?

- 29 April 2022, 16:00 WIB
Ilustrasi - Ketahui bacaan niat, tata cara, rakaat Shalat Lailatul Qadar dan daftar amalan.
Ilustrasi - Ketahui bacaan niat, tata cara, rakaat Shalat Lailatul Qadar dan daftar amalan. /UNSPLASH/@david__r

BERITA DIY - Simak tata cara dan bacaan niat dalam menjalankan Shalat Lailatul Qadar yang merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan.

Malam Lailatul Qadar menjadi malam yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam pada waktu-waktu akhir di bulan puasa Ramadhan di hampir setiap tahunnya.

Pasalnya pada malam Lailatul Qadar terdapat berbagai keutamaan yang bisa didapatkan oleh umat Islam yang menjalankan berbagai ibadah atau amalan pada malam tersebut.

Baca Juga: Jadwal Shalat Untuk Wilayah Jogja dan Solo Hari Ini, Kamis, 28 April 2022

Disebutkan bahwa bagi dengan menjalankan ibadah atau amalan pada malam Lailatul Qadar maka akan memiliki pahala atau keutamaan yang lebih baik dari malam seribu bulan.

Sehingga berbagai amalan pun kemudian dapat dilakukan untuk menemui malam Lailatul Qadar tersebut, salah satu yang dianjurkan adalah dengan melaksanakan ibadah Shalat malam Lailatul Qadar.

Shalat Lailatul Qadar sendiri merupakan ibadah mendirikan shalat yang dilakukan pada malam hari atau setelah menyelesaikan Shalat Isya dan menjelang waktu Shalat Subuh.

Baca Juga: Kapan Waktu Pelaksanaan Shalat Tasbih? Apa Bisa pada Siang Hari? Simak Tata Cara Lengkap dengan Bacaan Niat

Dalam amalan atau ibadah Shalat Lailatul Qadar ini seperti yang dianjurkan memiliki jumlah 2 rakaat maupun 4 rakaat yang dapat dilaksanakan dengan mulai membaca niat dan diakhiri dengan membaca salam.

Terkait hukum yang dimiliki dalam ibadah Shalat Lailatul Qadar yaitu sunnah atau baik bagi yang menjalankan, namun juga tidak terhitung sebagai dosa jika tidak menjalankannya.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x