Teks Khutbah Idul Fitri 2022 yang Bisa Membuat Jamaah Menangis Materi Ramadhan Menghantarkan kepada Ketaqwaan

- 1 Mei 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi. Teks khutbah Idul Fitri 2022 terbaru yang dapat membuat jamaah menangis materi Ramadhan menghantarkan kepada ketaqwaan.
Ilustrasi. Teks khutbah Idul Fitri 2022 terbaru yang dapat membuat jamaah menangis materi Ramadhan menghantarkan kepada ketaqwaan. /FREEPIK/wirestock

 

BERITA DIY - Berikut teks khutbah Idul Fitri 2022 yang bisa membuat jamaah menangis materi Ramadhan menghantarkan kepada ketaqwaan.

Contoh teks khutbah Idul Fitri 2022 dibacakan setelah proses sholat Ied yang disunnahkan dilaksanakan di masjid atau lapangan terbuka.

Referensi teks khutbah Idul Fitri 2022 terdapat di artikel ini yang dapat membuat jamaah menangis ketika mendengarkannya.

Baca Juga: Khutbah Sholat Idul Fitri 2022 Menyentuh Hati Para Jamaah Tentang Memperkuat Persatuan Umat Islam

Untuk pembahasan teks khutbah Idul Fitri 2022 dalam artikel ini yaitu bulan Ramadhan yang menghantarkan kepada ketaqwaan.

Hari Raya Idul Fitri akan dilaksanakan antara tanggal 2 atau 3 Mei 2022, hingga saat ini belum ada pengumuman resmi dari pemerintah untuk pelaksanaannya.

Dikutip dari laman resmi Bappeda NTB, berikut contoh teks khutbah Idul Fitri 2022 yang bisa membuat jamaah menangis.

Baca Juga: Teks Ceramah Khutbah Sholat Jumat Terakhir Ramadhan 2022 tentang 'Zakat Meminimalisir Jurang Kaya dan Miskin'

Khutbah 1

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Hadirin sholat Ied yang dirahmati Allah. Marilah kita senantiasa bersyukur kepada Allah SWT yang tiada putus mencurahkan segala nikmat kepada kita nikmat kehidupan, akal pikiran, hati yang tenang, kebersamaan dalam keberagaman, persatuan dalam perbedaan yang diatas semua itu adalah nikmat iman dan islam.

Sudah kita lalui selama satu bulan kita menjalani ibadah puasa Ramadhan dengan semua rangkaian ibadah penyempurnanya, siang hari kita berpuasa malam harinya tarawih bersama masjid ramai dengan kajian agama umat bertadarus, beri'tikaf, bersedekah dan berzakat fitrah maupun zakat mal.

Tak lupa senantiasa kita selalu jalinan silaturahmi dan persaudaraan, sebagaimana perkataan Rasulullah SAW bahwa Ramadhan merupakan waktu terbukanya semua pintu kebaikan dimudahkannya semua kebajikan, pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka dikunci.

Baca Juga: Jam Tayang dan Link Live Streaming Leeds vs Manchester City Premier League Hari Ini: Prediksi Line Up dan H2H

Allahu Akbar 3x Walillahilham

Hadirin hadirat yang dimuliakan Allah

Bulan Ramadhan merupakan masa dimana kasih sayang Allah SWT pada hambanya tampak nyata, dengan Ramadhan kita belajar untuk membersihkan jiwa raga dan harta. Membersihkan jiwa karena Ramadhan menghantar kita kepada taqwa la’allakum tattaqun (supaya kamu bertaqwa), sebaik-baik jiwa adalah jiwa yang bertaqwa.

Pada Ramadhan kemarin, kita sebenarnya membersihkan raga karena puasa bermanfaat untuk mengembalikan asupan melancarkan metabolisme dan menyehatkan kerja organ dalam tubuh kita Sumu tasihu (puasalah agar kalian sehat).

Selain itu, kita juga membersihkan harta karena sesungguhnya Ramadhan saat yang baik untuk berinfaq dan berzakat, khudz min amwalihim shodaqotan tuthohhiruhum watuzakkihim biha ambillah dari mereka zakat yang membersihkan dan menyucikan mereka.

Baca Juga: Contoh Teks Khutbah Jumat Ramadhan 2022 Tema Keutamaan Lailatul Qadar Singkat dan Jelas


Allahu Akbar 3x Walillahilham

Para jama’ah sholat Ied yang dirahmati Allah

Pada hari, kita sempurnakan dengan kesyukuran, sukur yang diwujudkan dengan lantunan takbir, tasbih, dan tahmid Walitukmilul ‘iddata walitukabbirullaha ‘ala ma hadakum wala’allakum tasykurun.

Bacaan Takbir Allahu Akbar mengartikan tak ada yang lebih besar dan agung selain daripada Allah SWT. Bahkan tak ada keagungan apapun selainnya semua kemuliaan darinya.

Baca Juga: Contoh Teks Khutbah Jumat Ramadhan 2022 Tema Keutamaan Lailatul Qadar Singkat dan Jelas

Bacaan Tasbih subhanallah mengartikan kesucian dan kesempurnaan hanya baginya sedangkan kita adalah makhluknya dengan segala kekuarangan dan kelemahan yang ada.

Bacaan Tahmid alhamdulillah mengartikan kebaikan sampai kepada kita semata karena kehendak dan kuasanya La haula wala quwata illa billah.

Allahu Akbar 3x Walillahilham

Hadirin sholat Ied yang dimuliakan Allah

Baca Juga: Khutbah Sholat Jumat di Bulan Ramadhan 2022: Tentang Mengisi Ramadhan dengan Amal Terbaik

Selanjutnya apa yang harus kita semua lakukan setelah Ramadhan? Lalu apa setelah Ramadhan?

Mari kita semua jadikan Ramadhan yang baru usai sebagai Muqaddimah yaitu pembuka dan penghantar halaman pertama dari rangkaian amal yang lebih baik, inilah tugas kita sejak saat ini detik ini hingga akhir hayat kita. Semoga Allah memanjangkan umur kita semua dalam kebaikan dan ketaatan amin.

Tugas yang harus kita lakukan adalah mengisi waktu yang tersisa dalam hidup kita hari-hari mendatang yang kita sebut dengan masa depan dengan sebaik-baik amal dan perbuatan.

Berhari raya adalah bertambah taat bukan berbangga dengan suka cita sesaat. Rasulullah SAW bersabda

Baca Juga: Materi Khutbah Jumat 10 Hari Terakhir Ramadhan dengan Tema Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan

(الكيس من دان نفسه, وعمل لما بعد الموت والعاجز من اتبع هواها وتمني على الله الأماني (رواه الترمذي

Orang yang cerdas adalah orang yang mampu mengendalikan diri dengan baik dan bekerja didunia untuk kehidupan selanjutnya, sebaliknya orang yang lemah adalah orang yang selalu megikuti hawa nafsunya sambal memenuh harap kepada Allah tanpa taubat dan istgfar.

Allahu Akbar 3x Walillahilham

Hadirin sholat Ied yang dimuliakan Allah SWT

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x