Teks Takbiran Idul Fitri Lengkap Teks Pendek dan Teks Panjang, dari Arab, Latin dan Artinya

- 1 Mei 2022, 13:00 WIB
ilustrasi - Bacaan takbiran Idul Fitri lengkap teks pendek dan panjang, dari Arab, latin, dan artinya.
ilustrasi - Bacaan takbiran Idul Fitri lengkap teks pendek dan panjang, dari Arab, latin, dan artinya. /PIXABAY/@GDJ
BERITA DIY- Berikut merupakan bacaan lengkap teks zikir untuk takbiran malam hingga pagi ketika momentum Idul Fitri. Simak selengkapnya lengkap dengan teks pendek dan panjang, dari Arab, latin, dan artinya. 
 
Momen Ramadan 1443 H telah dilalui bersama dan berakhir hingga kini kita akan memasuki suasana Idul Fitri. Ketika memasuki suasana malam Idul Fitri, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak berzikir sesuai dengan lantunan yang biasa dibacakan ketika takbiran.
 
Zikir yang dibacakan berupa takbir pada saat malam Idul Fitri merupakan tuntunan dari Rasullullah SAW. Hal tersebut disampaikan oleh Ustadz Abdul Somad dalam akun Youtube Ustadz Abdul Somad Official pada 17 Juli 2019. 
 
 
 
Dalam video tersebut Abdul Somad menjelaskan bahwa takbiran dilaksanakan untuk memuji kebesaran Allah SWT. Selain itu, untuk memulai takbiran juga diharuskan menetapkan terlebih dahulu terkait penetapan akhir Ramadhan yakni 29 hari atau 30 hari. 
 
Ustadz Abdul Somad juga mengatakan bahwa ada dua pendapat terkait dengan waktu dimulainya takbir hingga waktu berakhir. Ada dua pendapat ulama yang disampaikan yakni dimulai sejak selesai magrib malam idul Fitri hingga khatib naik ke atas mimbar, dan yang kedua sejak pagi Idul Fitri hingga khatib naik ke atas mimbar.
 
Adapun teks zikir untuk malam takbiran dalam rangka memuji kebesaran Allah SWT yakni sebagai berikut : 
 
 
Bacaan zikir untuk takbiran Idul Fitri dalam Tulisan Arab versi bacaan pendek:
 
اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ
 
Allāhu akbar, Allāhu akbar, Allāhu akbar. Lā ilāha illallāhu wallāhu akbar. Allāhu akbar wa lillāhil hamdu.
 
 
 
Artinya:
 
"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tiada tuhan selain Allah. Allah Maha Besar. Segala puji bagi-Nya."
 
Bacaan zikir untuk takbiran Idul Fitri dalam Tulisan Arab panjang:
 
اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الِلّٰهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَلَا نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الكَافِرُوْنَ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الاَحْزَابَ وَحْدَهُ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ
 
Allāhu akbar kabīrā, walhamdu lillāhi katsīrā, wa subhānallāhi bukratan wa ashīlā, lā ilāha illallāhu wa lā na‘budu illā iyyāhu mukhlishīna lahud dīna wa law karihal kāfirūn, lā ilāha illallāhu wahdah, shadaqa wa‘dah, wa nashara ‘abdah, wa hazamal ahzāba wahdah, lā ilāha illallāhu wallāhu akbar.
 
 
Artinya : 
 
"Allah Maha besar. Segala puji yang banyak bagi Allah. Maha suci Allah pagi dan sore. Tiada tuhan selain Allah. Kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya, memurnikan bagi-Nya sebuah agama, meski orang kafir tidak menyukainya. Tiada tuhan selain Allah yang esa, yang menepati janji-Nya, membela hamba-Nya, dan sendiri memorak-porandakan pasukan musuh. Tiada tuhan selain Allah. Allah Maha Besar."
 
Demikian informasi mengenai bacaan zikir untuk takbiran pada malam Idul Fitri. Simak selengkapnya bacaan takbir lengkap dari versi pendek hingga panjang.***

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x