Manfaat Silaturahmi Selama Lebaran Idul Fitri 2022 : Dilapangkan Rezeki Hingga dijauhkan dari Neraka

- 2 Mei 2022, 19:00 WIB
Ilustrasi - Manfaat silaturahmi yang bisa didapat selama lebaran Idul Fitri 2022 menurut beberapa hadist.
Ilustrasi - Manfaat silaturahmi yang bisa didapat selama lebaran Idul Fitri 2022 menurut beberapa hadist. /PIXABAY/@dinar_aulia
BERITA DIY – Berikut merupakan manfaat silaturahmi selama lebaran Idul Fitri 2022, ternyata dapat melapangkan rezeki hingga dijauhkan dari Neraka.
 
Bulan Ramadhan merupakan kesempatan bagi umat muslim di dunia untuk meningkatkan ketakwaan dengan sebaik-baiknya. Berbagai macam amalan dapat dikerjakan yang semata-mata hanya mengharap ridha Allah SWT.
 
Idul Fitri merupakan momen yang paling ditunggu umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.
 
 
Semua umat muslim menggunakan hari raya Idul Fitri sebagai kesempatan untuk untuk saling bermaafan dan menyambung kembali tali silaturahmi yang terputus.
 
Manfaat silaturahmi saat lebaran menjadi hal yang paling banyak dicari saat hari raya. Dengan silaturahmi, rasa persaudaraan makin erat dan tak ada lagi permusuhan dan kebencian.
 
Hendaknya setiap muslim senantiasa menjalin silaturahmi dengan sanak keluarga atau kerabat. Sebenarnya silaturahmi bisa dilakukan kapan saja. 
 
Namun bagi umat Islam, silaturahim adalah salah satu amalan untuk menyambung tali persaudaraan.
 
 
Meski kini terhalang karena pandemi Covid-19, namun silaturahmi virtual masih tetap bisa dilakukan.
 
Silaturahmi juga merupakan amalan yang amat dianjurkan oleh Allah dan Rasulullah. Tak heran, begitu banyak manfaat silaturahmi saat lebaran yang bisa didapat.
 
Berikut manfaat silaturahmi menurut beberapa hadist. 
 
1. Dapat memperlancar rezeki dan memperpanjang umur
 
Manfaat menjaga silaturahmi dalam Islam ini sebagaimana yang tercantum dalam sebuah hadis berikut, Rasulullah SAW bersabda: 
 
"Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi." (HR. Bukhari – Muslim).
 
 
2. Allah SWT akan menjauhkan seorang muslim dari Neraka
 
Salah satu manfaat yang dapat diraih apabila seorang muslim terus menjalin silaturahim yakni didekatkan kepada surga dan dijauhkan dari panasnya api Neraka.
 
Hal ini terdapat pada sabda Rasulullah SAW:
 
"Tidak ada suatu dosa yang lebih pantas Allah ta'ala percepat siksaannya di dunia bagi pelakunya, selain apa yang Allah siapkan baginya di akhirat, daripada memutus kekerabatan."
 
 
3. Dapat meredakan sebuah permasalahan dan mempererat silaturahmi
 
Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah berikut:
 
"Orang yang menyambung silaturrahmi bukanlah yang memenuhi (kebutuhan), melainkan orang yang menyambung hubungannya kembali ketika tali silaturrahmi itu sempat terputus." (HR. Bukhari).
 
 
Demikianlah manfaat silaturahmi selama lebaran Idul Fitri 2022 yang ternyata dapat melapangkan rezeki hingga dijauhkan dari Neraka.*** 

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x