Apa Itu Iftar? Berikut Cara Penggunaan Katanya di Bulan Ramadhan Beserta Istilah Lain yang Populer Saat Puasa

- 26 April 2022, 19:50 WIB
Ilustrasi iftar, apa itu iftar beserta cara penggunaan di bulan Ramadhan hingga istilah lain yang populer saat puasa.
Ilustrasi iftar, apa itu iftar beserta cara penggunaan di bulan Ramadhan hingga istilah lain yang populer saat puasa. /Tangkap layar instagram/@grandtjokroyogyakarta

BERITA DIY - Simak penjelasan apa itu 'iftar', cara penggunaan kata di bulan Ramadhan dan istilah lainnya yang kerap diucapkan.

Pada bulan Ramadhan, umat Islam kerap mengungkapkan istilah tertentu, salah satunya 'iftar'. Bagaimana penggunaan kata tersebut?

Kata 'iftar' berasal dari bahasa Arab memiliki arti 'buka puasa'. Lebih lanjut, istilah ini mengacu pada perjamuan ketika umat Islam berbuka puasa saat bulan Ramadhan.

Baca Juga: Hitung Mundur Idul Fitri 2022 Berapa Hari Lagi, Benarkah Lebaran 1 Mei? Versi Pemerintah, NU, Muhammadiyah

Selain itu, tradisi iftar atau buka puasa bersama menjadi sesuatu yang lumrah di banyak komunitas terutama di Indonesia. 

Biasanya iftar bersama menjadi ajang reuni atau berkumpul dengan keluarga, rekan atau teman yang sudah lama tak berjumpa.

Adapun dalil berbuka puasa telah dicantumkan pada Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 183. Allah SWT berfirman:

Baca Juga: Ceramah Singkat 10 Hari Terakhir Ramadhan 2022 yang Menginspirasi Umat Islam Mencari Malam Lailatul Qadar

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ -١٨٣

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Terlebih, Rasulullah SAW berpesan kepada umat-Nya untuk buka puasa dengan kurma. Meski begitu apabila tidak ada, maka bisa melakukan iftar meminum air putih.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x