Contoh Teks Khutbah Idul Fitri: Singkat dan Padat tentang Mendapatkan Ridha Allah di Hari yang Fitri

- 26 April 2022, 21:10 WIB
Ilustrasi - Simak contoh khutbah shalat Idul Fitri MUI.
Ilustrasi - Simak contoh khutbah shalat Idul Fitri MUI. /FREEPIK/wirestock

BERITA DIY - Simak contoh teks khutbah Idul Fitri lengkap secara singkat dan padat mengenai silaturahmi.

Melaksanakan shalat Idul Fitri merupakan ibadah yang dilaksanakan yaitu pada 1 Syawal atau setelah menjalankan ibadah puasa salam 1 bulan penuh pada saat bulan Ramadhan.

Terlait dengan hukum menjalankan ibadah shalat Idul Fitri sendiri terdapat berbagai pendapat mengenai hukum pelaksanaannya berdasarkan dari ulama yaitu ada yang menyebut sebagai fardhu kifayah dan juga disebut dengan sunnah.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri: Bahasa Arab, Inggris, dan Indonesia Cocok Untuk di Hampers

Dalam pelaksanaannya, shalat Idul Fitri memiliki tata cara yang dilakukan yaitu seperti dilakukan dalam 2 rakaat dan ditambah dengan adanya khutbah yang disampaikan.

Pelaksanaan khutbah sendiri dilaksanakan oleh khatib yang dilaksanakan setelah menjalankan 2 rakaat shalat Idul Fitri yang telah dijalankan sebelumnya.

Dalam menjalankan khutbah shalat Idul Fitri pada saat khutbah tersebut dapat menyampaikan mengenai tema tertentu sesuai yang telah ditetapkan sebelumnya bagi umat yang menjadi jamaah.

Baca Juga: Hitung Mundur Idul Fitri 2022 Berapa Hari Lagi, Benarkah Lebaran 1 Mei? Versi Pemerintah, NU, Muhammadiyah

Lebih lanjut mengenai hukum dalam menjalankan khutbah shalat Idul Fitri ini sendiri yaitu sunnah untuk dilaksanakan baik pada saat ibadah yang dijalankan di rumah maupun secara umum.

Sedangkan sebelum nantinya menjalankannya dapat terlebih dahulu mengetahui mengenai tata cara seperti yang telah ditetapkan, sebagai berikut ini:

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x