Bacaan Takbir Idul Fitri untuk di Masjid atau Keliling pada Lebaran 2022: Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

- 26 April 2022, 15:00 WIB
 Bacaan takbir Idul Fitri untuk di masjid atau takbiran keliling pada lebaran 2022 lengkap dengan tulisan arab, latin, dan artinya.
Bacaan takbir Idul Fitri untuk di masjid atau takbiran keliling pada lebaran 2022 lengkap dengan tulisan arab, latin, dan artinya. /PIXABAY/chiplanay

BERITA DIY – Berikut bacaan takbir Idul Fitri untuk di masjid atau takbiran keliling pada lebaran 2022 lengkap dengan tulisan arab, latin, dan artinya.

Setiap malam Idul Fitri, umat muslim memiliki ciri khas yakni dengan melantunkan takbir secara bersama-sama, baik dengan keluarga, sahabat, atau tetangga.

Umat muslim akan menggemakan takbir di malam hari saat masuk 1 Syawal. Perlu diketahui, untuk 1 Syawal 1443 Hijriah atau 2022, Muhammadiyah sudah menentukan jatuh pada 2 Mei 2022. Sehingga umat muslim akan menggemakan takbir pada malam 1 Mei 2022.

Baca Juga: Idul Adha 2021: Bacaan Takbir Lengkap: Bahasa Arab, Latin dan Artinya Dalam Bahasa Indonesia

Di Indonesia, memiliki tradisi bahwa takbir tidak hanya dikumandangkan di masjid atau mushola, tetapi di beberapa daerah akan diadakan takbiran atau takbir keliling dengan rute tertentu.

Dengan adanya kumandang takbir di penjuru masjid dan mushola, merupakan menandai bahwa sudah masuk 1 Syawal dan berakhir bulan Ramadhan. Bahkan dengan adanya Idul Fitri menjadi tanda kembalinya umat muslim berbuka setelah satu bulan lamanya melaksanakan puasa wajib Ramadhan.

Perlu diketahui, takbir yang dikumandangkan pada hari Idul Fitri berbeda dengan takbir pada hari-hari biasa. Dikutip BERITA DIY dari almunawwar.or.id, dijelaskan setidaknya ada dua takbir, yakni takbir mursal dan takbir muqayyad.

Baca Juga: Bacaan Takbir Lebaran Hari Raya Idul Fitri LENGKAP Bahasa Arab, Tulisan Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia

Takbir mursal adalah takbir yang dikumandangkan tidak mengacu waktu sholat. Dengan demikian, takbir mursal tidak mesti dibaca usai menjalankan ibadah shalat fardhu atau sunnah, tetapi takbir yang dibaca, seperti pada Idulfitri dan Iduladha.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x