Muhammadiyah: Sejarah Lahirnya di Indonesia Lengkap Beserta Makna dari Lambang Sang Surya

- 24 April 2022, 05:00 WIB
Sejarah lahirnya Muhammadiyah dan makna dari lambang sang surya.
Sejarah lahirnya Muhammadiyah dan makna dari lambang sang surya. /smkmuh4-yog.sch.id

BERITA DIY – Berikut merupakan informasi mengenai sejarah lahirnya Muhammadiyah di Indonesia lengkap beserta makna dari lambang sang surya.

Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas) berbasis Islam terbesar di Indonesia.

Muhammadiyah dikenal sebagai lembaga yang secara konsisten terjun dalam dunia dakwah dan pendidikan sekaligus. Sekolah-sekolah di bawah naungan Muhammadiyah tersebar sampai pelosok, dan melayani dari jenjang pendidikan dasar hingga Perguruan Tinggi.

Baca Juga: Kapan Jadwal Idul Fitri Pemerintah, NU dan Muhammadiyah? BRIN Prediksi Tanggal Lebaran 2022 Akan Bareng

Muhammadiyah didirikan secara resmi pada 8 Dzulhijjah 1330 H atau bertepatan dengan 18 November 1912. Pendirinya adalah Kiai Haji Ahmad Dahlan, yang memiliki nama asli Muhammad Darwis, seorang santri cerdas asal Kauman, Yogyakarta.

Seperti dikutip dari situs resmi Muhammadiyah, nama "Muhammadiyah" memiliki makna "pengikut Nabi Muhammad". Artinya, penamaan tersebut sebagai bentuk penisbatan dakwah dengan mengikuti ajaran dan jejak perjuangan Nabi Muhammad seperti yang dicontohkannya.

Nama Muhammadiyah diusulkan kerabat dan sekaligus sahabat Kiai Ahmad Dahlan yang bernama Muhammad Sangidu, seorang Ketib Anom Kraton Yogyakarta dan tokoh pembaruan yang kemudian menjadi penghulu Kraton Yogyakarta. Nama tersebut kemudian diputuskan Kiai Dahlan setelah melalui sholat istikharah (Darban, 2000: 34).

Baca Juga: Salat Idul Fitri Muhammadiyah, NU, dan Pemerintah Kapan? Ini Jadwal Sidang Isbat Lebaran 2022 Kemenag

Kelahiran Muhammadiyah diawali setelah Kiai Ahmad Dahlan menyelesaikan ibadah haji dan bermukim kedua kalinya di Arab Saudi pada 1903.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x