Kapan Lebaran Idul Fitri 2022? Simak Jadwal Lebaran Muhammadiyah dan Sidang Isbat NU serta Pemerintah

- 17 April 2022, 12:40 WIB
Ilustrasi - Penjelasan kapan lebaran Idul Fitri 2022, berikut jadwal lebaran Muhammadiyah dan lebaran menurut sidang isbat NU serta pemerintah.
Ilustrasi - Penjelasan kapan lebaran Idul Fitri 2022, berikut jadwal lebaran Muhammadiyah dan lebaran menurut sidang isbat NU serta pemerintah. /PIXABAY/suhailsuri

BERITA DIY - Simak penjelasan mengenai kapan lebaran Idul Fitri 2022 bagi umat muslim, berikut jadwal lebaran menurut Muhammadiyah dan sidang isbat NU yang akan dilakukan pemerintah untuk menentukan hari lebaran 2022.

Saat ini umat muslim sudah memasuki pertengahan Puasa Ramadhan 1443 Hijriah, dimana sebentar lagi akan merayakan hari lebaran Idul Fitri 2022.

Lebaran Idul Fitri merupakan hari di mana umat muslim akan melaksanakan Sholat Ied dan merupakan tanda selesainya puasa wajib Ramadhan, sehingga hari penentuannya sangatlah penting untuk diketahui.

Baca Juga: Siap-siap! BUMN dan PT Pelni Adakan Program Mudik Gratis Lebaran 2022, Ini Syarat dan Rute Keberangkatannya

Selain menjadi penanda selesainya Puasa Ramadhan 1443 Hijriah, kapan diadakannya lebaran 2022 juga dinantikan sebagai waktu di mana para pekerja akan mendapatkan cuti sehingga bisa berkumpul dengan keluarganya.

Perlu diketahui bahwa ketika hari raya Idul Fitri bertepatan dengan tanggal 1 syawal pada tanggalan islam, di mana akan ditetapkan pada sidang isbat yang dilaksanakan oleh pemerintah tanggal 29 atau 30 Ramadhan 1443 Hijriah.

Untuk menentukan kapan jatuhnya hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah, pemerintah akan melakukan sidang isbat terlebih dahulu dengan rangkaian acara yang sama seperti sidang menentukan awal puasa.

Baca Juga: Kapan Lebaran 2022? Ini Tanggal Idul Fitri dan Jadwal 1 Syawal 1443 H Muhammadiyah, Pemerintah, dan NU

Sedang Muhammadiyah menentukan jatuhnya hari raya Idul Fitri menggunakan metode hisab dalam perhitungan bulan baru Hijriah, di mana Muhammadiyah menentukan bahwa lebaran 2022 akan jatuh pada 1 Mei 2022.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x