Bacaan Tahlil dan Doa Ziarah Kubur Lengkap Dalam Bahasa Arab dan Latin untuk Berkunjung ke Makam

- 21 April 2022, 16:36 WIB
 Doa ziarah kubur lengkap beserta bacaan tahlil dalam bahasa Arab dan latin untuk berkunjung ke makam sanak saudara.
Doa ziarah kubur lengkap beserta bacaan tahlil dalam bahasa Arab dan latin untuk berkunjung ke makam sanak saudara. /PIXABAY/xegxef


BERITA DIY - Simak bacaan tahlil dan doa ziarah kubur lengkap dalam bahasa Arab dan latin untuk berkunjung ke makam di malam Jumat.

Membaca bacaan tahlil dan doa ziarah kubur biasanya dilakukan umat Islam terutama pada saat hari besar Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

Ziarah kubur merupakan salah satu kegiatan yang mulia dilakukan karena sebagai pengingat akan datangnya kematian saat mengunjunginya.

Baca Juga: Bacaan Tahlil Lengkap NU dan Doa Arwah: Arab dan Artinya Bahasa Indonesia Saat Tahlilan dan Yasinan

Sebelum melakukan kegiatan ziarah kubur ada baiknya untuk memperhatikan adan dalam berziarah seperti mengenakan pakaian yang sopan, bersuci, dan membaca doa.

Saat mengunjungi makam orang tua, saudara, atau kerabat sebaiknya tidak melakukan hal-hal yang kurang sopan seperti membuat keributan, membuang sampah di sekitar makam, membicarakan keburukan orang yang sudah meninggal.

Salah satu dasar anjuran ziarah kubur ini adalah sabda Rasulullah berikut:

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ أَلَا فَزُورُوهَا، فَإِنَّهُ يُرِقُّ الْقَلْبَ، وَتُدْمِعُ الْعَيْنَ، وَتُذَكِّرُ الْآخِرَةَ، وَلَا تَقُولُوا هُجْرً

Artinya: “Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah).” (HR. Hakim).

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin dan Tahlil Arab, Latin Dilengkapi Doa Ziarah Kubur untuk Orang yang Sudah Meninggal

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x