Kumpulan Hadist Tentang Kebersihan dari Teks Arab, Artinya, hingga Perawi Hadist

- 19 April 2022, 18:00 WIB
Kumpulan hadist tentang kebersihan dari teks Arab, artinya, hingga perawi hadist.
Kumpulan hadist tentang kebersihan dari teks Arab, artinya, hingga perawi hadist. /PIXABAY/Couleur

BERITA DIY - Berikut merupakan kumpulan hadist Rasulullah SAW tentang kebersihan. Simak selengkapnya beberapa hadist yang membahas tentang kebersihan.

Kebersihan merupakan salah satu pokok ajaran Islam yang banyak dibahas. Salah satu contoh yakni ketika hendak beribadah umat Islam dituntut untuk dalam kondisi bersih dan suci.

Sebagai contoh, sebelum melakukan sholat, umat Islam dituntut untuk suci dari segala najis. Untuk itu sebelum sholat umat Islam diminta untuk melakukan wudhu dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Shalat Tarawih di Rumah Bagi Wanita saat Bulan Ramadhan dan Hadist Tentang Hal Tersebut dan Kapan ke Masjid

Bukan hanya sholat, beberapa ibadah lainnya juga mewajibkan umat Islam agar berada dalam keadaan suci. Bahkan hanya sekedar memegang Al-Quran, umat Islam diminta untuk sedang dalam keadaan berwudhu atau suci.

Rasullullah SAW pun sangat mencintai kebersihan dan mendorong agar hmah Islam aktif dalam menjaga kebersihan. Beberapa hadist Rasulullah SAW bahkan secara khusus berbicara mengenai kebersihan.

Hadist tentang kebersihan tersebut merupakan bentuk dari kepedulian terhadap kebersihan. Bahkan dalam beberapa hal, ajaran agama melarang apabila dalam keadaan tidak suci untuk beribadah.

Baca Juga: 5 Hadist Tentang Puasa Ramadhan dan Keutamaannya Lengkap Bahasa Arab serta Artinya dalam Bahasa Indonesia

Apalagi sekarang kita sedang berada di masa pandemi yang menuntut untuk manusia terus menjaga kebersihan. Hal tersebut tercermin dan menjadi wajib di masa pandemi seperti mencuci tangan.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x