Pemerintah Resmi Umumkan Sidang Isbat Idul Fitri 2022 di Tanggal Ini, Mungkinkah Lebaran Beda Tanggal?

- 19 April 2022, 14:05 WIB
Ilustrasi - Keterangan Sidang Isbat Kemenag penetapan kapan tanggal Idul Fitri Lebaran 2022 atau 1443 H.
Ilustrasi - Keterangan Sidang Isbat Kemenag penetapan kapan tanggal Idul Fitri Lebaran 2022 atau 1443 H. /PIXABAY/suhailsuri

BERITA DIY - Ini jadwal kapan tanggal pelaksanaan Sidang Isbat penentuan Idul Fitri 2022 lengkap dengan peluang apakah perayaan Lebaran akan berbeda.

Pemerintah melalui Kementerian Agama atau Kemenag secara resmi telah memastikan kapan tanggal pelaksanaan Sidang Isbat untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Dalam rilis resmi yang telah dilakukan oleh Kemenag, disebutkan bahwa pelaksanaan Sidang Isbat penentuan Idul Fitri atau yang disebut juga dengan Lebaran tersebut dilaksanakan pada 29 Ramadhan 1443 H.

Baca Juga: Jadwal Sidang Isbat Idul Fitri 1443 H Kemenag Beserta 99 Lokasi Pemantauan Hilal dan Kapan Lebaran 2022?

Jika menilik pada penanggalan Masehi, maka jadwal Sidang Isbat yang akan dilakukan oleh pemerintah tersebut rencananya akan dilaksanakan yaitu pada Minggu 1 Mei 2022 mendatang.

Sehingga nantinya baru dapat dipastikan kapan jadwal penetapan Idul Fitri yang jatuh pada 1 Syawal 1443 H mendatang usai pemerintah melakukan Sidang Isbat tersebut.

Dengan dilaksanakannya Sidang Isbat tersebut, maka nantinya akan muncul kepastian apakah nantinya umat Islam di Indonesia akan merayakan Idul Fitri atau Lebaran secara bersama-sama atau berbeda tanggal.

Baca Juga: Idul Fitri 2022 Berapa Hari Lagi, Lebaran Tanggal Berapa? Ini Jadwal Sidang Isbat 1 Syawal dari Pemerintah

Seperti yang dilakukan dalam penetapan awal Ramadhan beberapa waktu yang lalu, hal ini juga digunakan dalam pelaksanaan Sidang Isbat untuk menentukan kapan jadwal Idul Fitri 2022.

Kemenag sendiri nantinya dipastikan akan menggunakan metode yang sama seperti sebelumnya, yaitu dengan melakukan rukyatul hilal atau meneropong apakah hilal telah terlihat.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah