Lebaran 2022 Tanggal Berapa? Penetapan Idul Fitri Muhammadiyah, Pelaksanaan Sidang Isbat NU, dan Pemerintah

- 17 April 2022, 15:00 WIB
Ilustrasi pelaksanaan Idul Fitri 2022. Lebaran 2022 tanggal berapa? Ini penetapan idul fitri Muhammadiyah dan sidang Isbat NU.
Ilustrasi pelaksanaan Idul Fitri 2022. Lebaran 2022 tanggal berapa? Ini penetapan idul fitri Muhammadiyah dan sidang Isbat NU. /PIXABAY/chiplanay

BERITA DIY- Berikut informasi tentang penetapan tanggal lebaran Idul Fitri 2022 Muhammadiyah, NU, dan pemerintah jatuh pada tanggal berapa. Seperti diketahui bahwa Muhammadiyah menetapkan Ramadhan dan syawal menggunakan perhitungan Hisab.

Sedangkan Nahdlatul Ulama menetapkan Ramadhan dan 1 Syawal menggunakan metode rukyatul Hilal yaitu pengamatan bulan secara langsung.       

Hari lebaran atau Idul Fitri merupakan salah satu momen yang selalu dinantikan oleh umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa. Idul Fitri merupakan perayaan hari kemenangan setelah melaksanakan ibadah satu bulan penuh.

Baca Juga: Siap-siap! BUMN dan PT Pelni Adakan Program Mudik Gratis Lebaran 2022, Ini Syarat dan Rute Keberangkatannya

Saat ini umat Islam sudah melaksanakan separuh dari satu bulan ibadah puasa Ramadhan, dan kapan waktu pelaksanaan Idul Fitri sudah mulai diperbincangkan.

Ada dua organisasi Islam yang besar di Indonesia yaitu Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, kadang pelaksanaan Idul Fitri Muhammadiyah dan NU mengalami perbedaan tanggal.

Untuk tahun ini belum diketahui apakah pelaksanaannya akan dilakukan secara bersama-sama atau berbeda.

Baca Juga: Bacaan Doa di Antara Takbir 7x Sholat Idul Fitri: Berikut Tata Cara serta Niat Sholat Idul Fitri 2022

Dikutip BERITA DIY dari laman resmi Muhammadiyah, organisasi Islam Muhammadiyah sudah mengeluarkan maklumat tentang penetapan 1 Syawal 1443 H.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x