Apa Itu Nuzulul Quran yang Jatuh Pada 18 April 2022? Berikut Keutamaan dan Perbedaan dengan Lailatul Qodar

- 16 April 2022, 20:50 WIB
Ilustrasi - Makna dan keutamaan dari Nuzulul Quran.
Ilustrasi - Makna dan keutamaan dari Nuzulul Quran. /Pexels/Abdullah Ghatasheh

BERITA DIY - Simak apa itu arti dan makna Nuzulul Qur'an? Lengkap dengan keutamaan, serta perbedaan dengan Lailatul Qodar.

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan ialah datangnya Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qodar. Tapi taukah kamu jika keduanya berbeda loh? Berikut penjelasannya.

Keduanya merupakan peristiwa penting dalam peradaban umat Muslim di dunia. Tentu akan banyak keutamaan pada waktu tersebut.

Baca Juga: 3 Bacaan Doa Menyambut Nuzulul Quran Saat 17 Ramadhan 1443 H Lengkap Latin dengan Artinya

Dilansir dari malut.kemenag.go.id, Nuzulul Qur'an merupakan peristiwa dimana turunnya Al-qur'an kepada Nabi Muhammad atau Rasulullah SAW pada malam ke-17 di bulan Ramadan.

Pada Ramadhan 1443 H atau tahun 2022 jika sesuai perhitungan kalender Masehi dan bertumpu pada keputusan Kementrian Agama mengenai penetapan 1 Ramadhan yang jatuh pada tanggal 3 April 2022, maka Nuzulul Qur'an akan jatuh pada Senin, 18 April 2022 bertepatan dengan 17 Ramadhan 1443 H.

Lalu apa perbedaan Nuzulul Qur'an dengan Lailatul Qodar?

Dikutip dari iainmadura.ac.id, Lailatul Qodar atau yang dikenal sebagai malam 1000 bulan adalah malam istimewa yang diberikan oleh Allah SWT untuk umat Rosulullah SAW.

Sehingga tidak bisa menjadi patokan apabila peristiwa Lailatul Qodar pasti bertepatan dengan Nuzulul Qur'an ataupun sebaliknya.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x