Keutamaan Sholat Berjamaah Bagi Umat Muslim dan Manfaatnya Disertai Hadis dan Dalil

- 5 April 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi - Penjelasan mengenai Sholat berjamaah, selengkapnya manfaat dan keutamaanya bagi Umat Muslim dan disertai hadis serta dalil pendukungnya.
Ilustrasi - Penjelasan mengenai Sholat berjamaah, selengkapnya manfaat dan keutamaanya bagi Umat Muslim dan disertai hadis serta dalil pendukungnya. /PIXABAY/suhailsuri

BERITA DIY - Simak penjelasan mengenai Sholat berjamaah dan bagaimana pelaksanaannya, selengkapnya manfaat dan keutamaanya bagi Umat Muslim dan disertai hadis serta dalil pendukungnya.

Sholat merupakan salah satu ibadah Umat Muslim yang wajib dilakukan oleh siapapun sebagai salah satu rukun Islam, karena ibadah Sholat adalah amal perbuatan yang akan pertama kali diminta pertanggungjawabannya ketika di Akhirat.

Perlu diketahui apabila seorang Muslim melakukan Sholat berjamaah maka pahala yang didapatkan akan lebih banyak, yaitu ketika ibadah Sholat dilakukan dengan sekurang-kurangnya dua orang yang terdiri dari imam dan makmum.

Baca Juga: Dzikir Setelah Sholat Fardhu Sesuai Sunnah Nabi SAW, Urutan Bacaan Doa dan Dalil Berdzikir Kepada Allah SWT

Imam adalah seorang muslim yang memimpin makmum atau orang lain dalam melakukan Sholat berjamaah, sedangkan makmum adalah orang-orang yang mengikuti imam dalam Sholat akan tetapi tidak boleh mendahuluinya sama sekali.

Dilansir dari jabar.kemenag.go.id, berikut hadis dan dalil yang menyatakan keutamaan dan ajakan Sholat berjamaah.

1. QS. An-Nisa Ayat 102

Allah SWT Berfirman:

“Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan salat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (salat) besertamu dan menyandang senjata, kemudian apabila mereka (yang salat besertamu) sujud (telah menyempurnakan serakaat), maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum bersembahyang, lalu bersembahyanglah mereka denganmu, dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata. Orang-orang kafir ingin supaya kamu lengah terhadap senjatamu dan harta bendamu, lalu mereka menyerbu kamu dengan sekaligus. Dan tidak ada dosa atasmu meletakkan senjata-senjatamu, jika kamu mendapat sesuatu kesusahan karena hujan atau karena kamu memang sakit; dan siap-siagalah kamu. Sesungguhnya Allah telah menyediakan azab yang menghinakan bagi orang-orang kafir itu.”

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah