Apa Itu Juz dalam Al Quran, 1 Juz Berapa Ayat dan Tips Khatam Cepat Selama Ramadhan One Day One Juz

- 4 April 2022, 15:25 WIB
Ilustrasi penjelasan apa itu juz dalam Al Quran, 1 juz berapa ayat dan tips khatam Al Quran cepat selama Ramadhan dengan metode One Day One Juz untuk umat Islam.
Ilustrasi penjelasan apa itu juz dalam Al Quran, 1 juz berapa ayat dan tips khatam Al Quran cepat selama Ramadhan dengan metode One Day One Juz untuk umat Islam. /PIXABAY/cahiwak

BERITA DIY - Begini penjelasan apa itu juz dalam Al Quran, 1 juz berapa ayat dan tips khatam Al Quran cepat selama Ramadhan dengan metode One Day One Juz untuk umat Islam.

Al Quran terdiri dari 6.200 ayat yang terbagi dalam 30 juz. Pembagian ini bertujuan untuk memudahkan seseorang untuk khatam atau menyelesaikan Al Quran dalam 30 hari.

Lantas apa itu juz dalam Al Quran? Adapun arti dari cara pembagian menjadi 30 juz terpisah untuk memudahkan umat Islam membaca Al Quran.

Baca Juga: Puasa Batal Jika Alami 7 Hal Ini, Simak Penyebab Ibadah Tidak Sah Menurut Al-Quran dan Hadits

Adapun, mengkhatamkan Al Quran dalam sebulan adalah salah satu anjuran Nabi Muhammas SAW seperti riwayat ‘Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah SAW berkata:

اقْرَإِ الْقُرْآنَ فِى شَهْرٍ » . قُلْتُ إِنِّى أَجِدُ قُوَّةً حَتَّى قَالَ « فَاقْرَأْهُ فِى سَبْعٍ وَلاَ تَزِدْ عَلَى ذَلِكَ

Artinya: “Bacalah (khatamkanlah) Al Quran dalam sebulan.” ‘Abdullah bin ‘Amr lalu berkata, “Aku mampu menambah lebih dari itu.” Beliau pun bersabda, “Bacalah (khatamkanlah) Al Qur’an dalam tujuh hari, jangan lebih daripada itu.” (HR. Bukhari).

Meski demikian, khatam 30 juz dalam 30 hari atau One Day One Juz tergantung kembali kepada kemampuan seseorang.

Jika hanya bisa membaca Al Quran beberapa lembar itu sudah baik daripada memaksakan membaca satu juz tiap hari. Sesuai firman Allah SWT:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x