Niat Sholat Tarawih dan Sholat Witir 3 Rakaat Beserta Tata Cara Pelaksanaan untuk Ramadhan 2022

- 2 April 2022, 16:04 WIB
Ilustrasi - Bacaan doa niat sholat tarawih dan witir 3 rakaat berjamaah sebagai makmun.
Ilustrasi - Bacaan doa niat sholat tarawih dan witir 3 rakaat berjamaah sebagai makmun. /PIXABAY/mostafa_meraji

BERITA DIY - Simak niat sholat tarawih dan sholat witir 3 rakaat sebagai makmun beserta tata cara pelaksnaan pada bulan Ramadhan 2022.

Pemerintah akhirnya memutuskan puasa Ramadhan jatuh pada Minggu, 3 April 2022 menyusul hasil sidang isbat yang digelar kemarin, Jumat, 1 April 2022.

Dengan demikian, pelaksanaan ibadah sholat sunnah tarawih yang biasanya diikuti dengan sholat witir akan dimulai malam ini, Sabtu, 2 April 2022. Ada bacaan niat beserta tata cara pelaksanaan tersendiri.

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Witir dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia

Dilansir dari situs ntb.kemenag.go.id, disebut tarawih karena umat Muslim menjalankan sholat sunnah di malam bulan Ramadhan dengan beristirahat sejenak di antara dua kali salam atau setiap empaat rakaat.

Sebagaimana al-Hafiz Ibn Hajar al 'Asqallaaniy dalam kitab Fath al-Baari Syarah al-Bukhari menyampaikan bahwa:

سُمِّيَتِ الصَّلَاةُ فِي الْجَمَاعَةِ فِي لَيَالِي رَمَضَانَ التَّرَاوِيحَ لِأَنَّهُمْ أَوَّلَ مَا اجْتَمَعُوْا عَلَيْهَا كَانُوا يَسْتَرِيحُوْنَ بَيْنَ كُلِّ تَسْلِيمَتَيْنِ . 

Artinya: Sholat jamaah yang dilaksanakan pada setiap malam bulan Ramadhan dinamai tarawih karena para sahabat pertama kali melaksanakannya, beristirahat pada setiap dua kali salam.

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Baca Yasin 83 Ayat dan Tahlil untuk Orang Meninggal atau Sakit Lengkap Latin hingga Arti

Sementara itu, umat Islam juga dapat melaksanakan sholat witir setelah sholat tarawih. Ibadah sunnah ini dilakukan dengan rakaat ganjil, misalnya 1 rakaat, 3 rakaat, dan seterusnya.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah