Bacaan Niat Salat Istikharah, Tata Cara, Waktu Pelaksanaan, dan Doa yang Dibaca Setelah Salat

- 1 April 2022, 17:10 WIB
Ilustrasi salat istikhara. Bacaan niat salat istikharah, tata cara, waktu pelaksanaan, dan doa yang dibaca setelah salat
Ilustrasi salat istikhara. Bacaan niat salat istikharah, tata cara, waktu pelaksanaan, dan doa yang dibaca setelah salat /PIXABAY/mohamad_hassan

BERITA DIY- Berikut ini bacaan niat salat istikharah, tata cara, waktu pelaksanaan, dan doa yang dibaca setelah salat. Salat Istikhara merupakan salah satu salat sunnah yang dilakukan untuk memohon petunjuk kepada Allah ketika dihadapkan kepada beberapa pilihan.

Dilansir BERITA DIY dari Muhammadiyah, dasar hukum pelaksanaan salat istikhara adalah berdasarkan hadis nabi Muhammad SAW dari Jabir bin Abdillah:

“Jika salah seorang diantara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua rakaat yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah,” (HR. al-Bukhari).

Baca Juga: Shalat Tarawih Berapa Rakaat? Ini Penjelasan dan Tata Cara Sholat 11 Rakaat Lengkap Bacaan Niat

Berdasarkan hadis nabi Muhammad SAW tersebut, para ulama sepakat bahwa salah istikhara bukan amalan wajib melainkan dianjurkan.

Hadis lain yang mendukung pendapat ini adalah ketika nabi Muhammad SAW menjawab pertanyaan seorang laki-laki terkait Islam.

“Apakah aku memiliki kewajiban shalat lainnya? Nabi SAW menjawab “Tidak ada kecuali jika engkau ingin menambah dengan salat sunnah”, (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Kapan Malam Nisfu Syaban 2022? Berikut Tata Cara Sholat dan Doa Nisfu Syaban Arab, Latin, dan Terjemahannya

Salat istikharah dapat dikerjakan kapan saja, baik itu siang hari maupun malam hari. Istikhara merupakan salat sunnah yang terdiri dari dua rakaat.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x