Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadhan dan Jadwal Awal Puasa 2022 Menurut Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah

- 1 April 2022, 15:30 WIB
Tanggal 1 Ramadhan awal puasa 2022 menurut Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah, serta kapan jadwal sidang isbat.
Tanggal 1 Ramadhan awal puasa 2022 menurut Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah, serta kapan jadwal sidang isbat. /Antara/ Irwansyah Putra/

BERITA DIY - Simak sidang isbat penetapan 1 Ramadhan dan jadwal awal puasa 2022 menurut Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah selengkapnya.

Penetapan tanggal 1 Ramadhan 1443 H sebagai awal puasa akan berlangsung malam ini dalam sidang Isbat.

Sidang Isbat akan digelar hari ini, Jumat, 1 April di Kementerian Agama RI mulai pukul 17:00 WIB secara offline dan online dengan diawali pemantauan hilal di 101 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Awal 1 Ramadhan 2022 Nahdlatul Ulama NU, Muhammadiyah, Pemerintah Menurut Sidang Isbat Puasa Bisa Cek Link Ini

"Hasil sidang isbat ini akan segera diinformasikan kepada masyarakat agar bisa dijadikan sebagai pedoman," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis dikutip dari ANTARA.

Adib mengatakan sidang isbat dihadiri oleh MUI, perwakilan ormas Islam, DPR, sejumlah duta besar negara sahabat, serta kementerian dan lembaga terkait.

1 Ramadhan 1443 H akan jatuh besok, Sabtu, 2 April apabila hilal terlihat di ketinggian lebih dari dua derajat.

Baca Juga: Jadwal Awal Puasa Menurut Pemerintah, Muhammadiyah, dan NU, serta Jadwal Sidang Isbat 1 Ramadhan 1443 H

Namun Kementerian Agama menyebut bahwa hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil pemantauan hilal akan dijadikan sebagai masukan dalam sidang Isbat untuk menentukan awal bulan Ramadhan 2022.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x