Kapan Puasa 1 Ramadhan 2022? Cek Metode NU, PP Muhammadiyah, dan Pemerintah Serta Jadwal Sidang Isbat Kemenag

- 1 April 2022, 08:46 WIB
ilustrasi - Kapan puasa Ramadhan 2022? Ini menurut NU, Muhammadiyah, dan pemerintah serta jadwal sidang isbat Kemenag untuk menentukan 1 Ramadhan.
ilustrasi - Kapan puasa Ramadhan 2022? Ini menurut NU, Muhammadiyah, dan pemerintah serta jadwal sidang isbat Kemenag untuk menentukan 1 Ramadhan. /PIXABAY/Shafin_Protic

BERITA DIY – Kapan puasa 1 Ramadhan 1443 H/ 2022? Simak artikel ini untuk penjelasan dan cek metode menurut NU, Muhammadiyah, dan pemerintah penetapan 1 Ramadhan 2022 lengkap dengan jadwal sidang isbat Kemenag.

Sampai saat ini, 1 April 2022, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan  pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) belum menentukan kapan 1 Ramadhan 2022 di mulai, sedangkan  Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah menentukan 1 Ramadhan 1443 jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022.

Sebagai informasi, dalam perhitungan menentukan awal Bulan Ramadhan dan Syawal di Indonesia pada umumnya menggunakan dua metode teknik hisab dan Rukyatul hilal. Jadi, penentuan 1 Ramadhan akan berbeda-beda dalam pengumumannya.

Baca Juga: Hasil Sidang Isbat 1 Ramadhan 2022 Resmi Bisa Cek Di Sini: Jadwal Puasa versi NU, Muhammadiyah dan Pemerintah

Perhitungan hisab adalah perhitungan yang berdasarkan perhitungan untuk menentukan awal Ramadhan dilakukan jauh hari sebelum masuk bulan Ramadhan. Perhitungan ini biasanya digunakan oleh PP Muhammadiyah.

Sedangkan rukyatul hilal adalah aktivitas untuk mengamati visibilitas hilal saat petang hari atau saat matahari terbenam pada hari 29 kemarin. Secara sederhana, rukyatul hilal dilakukan tatkala terjadi konjungsi bulan-matahari dan saat matahari terbenam. Jika di tanggal tersebut, hilal tidak terlihat maka bulan kemarin di genapkan jadi 30 hari.

Rukyatul hilal sering digunakan PBNU, oleh karena itu PBNU masih menunggu hasil rukyatul hilal dari Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) untuk menentukan 1 Ramadhan 1443. Jika merujuk pada hasil rukyatul hilal pada bulan Sya’ban, maka untuk rukyatul hilal bulan Ramadhan akan dilaksanakan hari ini, Jumat, 1 April 2022, petang nanti.

Baca Juga: Tanggal 1 April 2022 Hari Apa? Ada Sidang Isbat Kemenag Penentuan Kapan Awal Puasa 1 Ramadhan 2022

Sedangkan pemerintah masih menunggu hasil sidang isbat (penetapan) 1 Ramadhan 1443 pada hari ini 1 April 2022. Dalam sidang ini, pemerintah diwakili oleh Kementerian Agama (Kemenag) untuk menetapkan awal bulan Ramadhan atau mulainya puasa Ramadhan tahun 2022.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x