Link Live Streaming Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan 2022 Serta jadwal Awal Puasa Menurut NU dan Muhammadiyah

- 31 Maret 2022, 14:50 WIB
 ilustrasi sidang isbat, link live streaming sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 2022 Kemenag serta jadwal awal puasa Menurut NU dan Muhammadiy
ilustrasi sidang isbat, link live streaming sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 2022 Kemenag serta jadwal awal puasa Menurut NU dan Muhammadiy /PEXELS/@Lucas Pezeta

BERITA DIY - Simak link live streaming sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 2022 dan  jadwal awal puasa menurut NU dan Muhammadiyah.

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan 2022/1443 H pada Jumat, 1 April 2022 (29 Sya'ban 1443 Hijriah).

Sidang Isbat penentuan satu Ramadhan oleh Kemenag akan digelar secara offline di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta, dengan jumlah peserta yang hadir dibatasi sesuai protokol kesehatan.

Baca Juga: Puasa Tanggal Berapa? Ini Jadwal 1 Ramadhan 2022 NU Muhammadiyah, Tarawih Malam Apa, dan Kapan Sidang Isbat

Sementara masyarakat juga dapat berpartisipasi menyaksikan sidang isbat penentuan satu Ramadhan 2022 Kemenag melalui telekonferensi atau pertemuan jarak jauh melalui sambungan digital.

Dikitup Berita DIY dari situs kemenag.go.id, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag Adib mengatakan sidang Isbat digelar sesuai fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah. Sidang isbat selalu digelar pada tanggal bulan sebelumnya pada kalender Hijriah.

Sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 2022 akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender hijriah, Duta Besar negara sahabat, dan perwalian ormas, serta Lembaga Penerbangan dan ANtariksa Nasional (Lapan), dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

Baca Juga: Daftar 101 Lokasi Titik Pemantauan Hilal yang Menjadi Pertimbangan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 2022

"kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang," kata Adip lagi.

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan live streaming sidang isbat Ramadhan 2022 (1443 H) bisa melalui link berikut:

1. TVRI (TV pool)

https://tvri.go.id/live atau kli DI SINI

https://m.vidio.com/live/6441-tvri  atau kli DI SINI

https://www.useetv.com/livetv/tvri  atau kli DI SINI

2. Youtube Kemenag

Sidang isbat yang disiarkan dari Youtube Kemenag dapat dilihat pada Chanel resmi Kemenag RI atau kli DI SINI

Baca Juga: Ramadhan 2022 Berapa Hari Lagi? Ini Jadwal Sidang Isbat dan 1 Ramadhan 2020 Muhammadiyah, NU, serta Kemenag

3. Instagram Kemenag

https://www.instagram.com/kemenag_ri/  atau kli DI SINI

Siaran langsung atau live streaming sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 2022 akan disiarkan oleh Kemenag saat sidang isbat berlangsung, tepatnya pada Jumat, 1 April 2022 sore hari.

Selain pemerintah, Organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) juga diketahui belum merilis jadwal awal puasa Ramadhan 2022.

Baca Juga: Kapan Awal Puasa 2022? Tanggal 1 Ramadhan Menurut Muhammadiyah dan NU, serta Jadwal Sidang Isbat Pemerintah

Namun, kemungkinan besar jadwal awal puasa Ramadhan 2022 dari NU akan sama dengan pemerintah, sehingga penentuan awal Ramadhan belum ditetapkan.

Berbeda dengan Pemerintah dan NU yang belum menetapkan awal Ramadhan 2022, Organisasi Islam terbesar kedua di Indonesia Muhammadiyah justru telah mengumumkan jadwal awal puasa Ramadhan 2022/1443 H.

Penentuan jadwal awal puasa Ramadhan Muhammadiyah diambil berdasarkan perhitungan menggunakan metode Hisab dan telah ditetapkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah bahwa jadwal awal puasa Ramadhan 2022 jatuh di hari Sabtu, 2 April 2022.

Baca Juga: Kapan Awal Puasa 2022? Tanggal 1 Ramadhan Menurut Muhammadiyah dan NU, serta Jadwal Sidang Isbat Pemerintah

Demikian Informasi mengenai Jadwal dan Link Live Streaming Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan 2022 Kemenag Serta jadwal Awal Puasa Menurut NU dan Muhammadiyah.***

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x