Jadwal Sidang Isbat Kemenag Besok, Link Live Streaming Penetapan Awal Puasa 1 Ramadhan 2022

- 31 Maret 2022, 11:49 WIB
ilustrasi - Kemenag akan mengadakan sidang isbat pada hari Jumat, 1 April 2022.
ilustrasi - Kemenag akan mengadakan sidang isbat pada hari Jumat, 1 April 2022. /PIXABAY/@chiplanay

BERITA DIY - Berikut jadwal sidang isbat kementerian Agama (Kemenag) besok, Jumat, 1 April 2022 beserta link live streaming penetapan tanggal 1 Ramadhan 2022.

Kemenag rencananya akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal puasa 1 Ramadhan 1443 Hijriyah. Masyarakat bisa menyaksikan siaran langsung melalui link live streaming yang tersedia di akhir artikel.

Umat Muslim siap menyambut 1 Ramadhan 1443 Hijriyah atau April 2022 Masehi, Meski begitu masyarakat harus menunggu keputusan sidang isbat Kemenag yang  akan diadakan pada hari pertama bulan April atau 29 Syaban.

Baca Juga: Kapan Puasa 2022 Hari Sabtu atau Minggu? Jadwal Sidang Isbat Kemenag Penetapan 1 Ramadhan 1443 Hijriah

Kemenag dalam keterangannya akan melaksanakan sidang isbat secara hybrid atau penggabungan luring dan daring serta mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

"Karena masih pandemi, sidang isbat akan kembali digelar secara hybrid, dalam arti gabungan antara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Kamaruddin selaku Dirjen Bimas Islam di Jakarta, Senin, 14 Maret 2022, dikutip dari kemenag.go.id.

Adapun tempat pelaksanaan sidang isbat secara luring digelar di Audotirium HM. Radjidi kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta. 

Baca Juga: 1 Ramadhan 2022 Jatuh Pada Tanggal 2 April Menurut Muhammadiyah, Kapan Jadwal Sidang Isbat Kemenag?

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib menambahkan mengenai jadwal sidang isbat digelar pada Jumat karena sesuai ketentuan Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004.

Fatwa tersebut mencakup Penetapan Awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah. Sementara ketentuan sidang isbat selalu digelar pada tanggal 29 pada bulan sebelumnya mengikuti kalender Hijriyah.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x