1 Ramadhan 2022 versi Muhammadiyah dan NU Berapa Hari Lagi? Simak Kapan Dilakukan Sidang Isbat & Apa Hasilnya

- 30 Maret 2022, 17:04 WIB
1 Ramadhan 2022 versi Muhammadiyah dan NU berapa hari lagi? yuk simak kapan pelaksanaan sebelum rilis hasil Sidang Isbat.
1 Ramadhan 2022 versi Muhammadiyah dan NU berapa hari lagi? yuk simak kapan pelaksanaan sebelum rilis hasil Sidang Isbat. /PIXABAY/darwisalwan

BERITA DIY - 1 Ramadhan 2022 versi Muhammadiyah dan NU berapa hari lagi? yuk simak pelaksanaan sebelum rilis hasil Sidang Isbat.***

Seperti diketahui, Sidang Isbat merupakan sidang penetapan dalil syar'i di hadapan hakim dalam suatu majeli suntuk menetapkan peristiwa yang terjadi.

Dalam Sidang Isbat untuk menentukan 1 Ramadhan 2022, akan ditentukan awal bulan puasa yang bakal dijalani umat Islam di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Apa itu Hisab, Rukyat, dan Hilal? Ini Perbedaan Penentuan Puasa Ramadhan 2022 Muhammadiyah dan Pemerintah

Kementerian Agama bakal menggelar pemantauan hilal di 101 lokasi di seluruh provinsi di Indonesia sebelum gelar sidang Isbat pada 1 April 2022.

Hilal sendiri merupakan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi (ijtimak, bulan baru) pada arah dekat matahari terbenam yang dijadikan sebagai acuan dalam menentukan permulaan bulan dalam kalender Islam.

Pemantauan hilal atau rukyatul hilal akan dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama serta Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota bekerja sama dengan instansi terkait lain dan organisasi masyarakat Islam di daerah.

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Tarawih Ramadhan 2022 Formasi 23 Rakaat Sendirian dan Jamaah, Dalil, Doa Lengkap Arab Latin

Hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil pemantauan hilal akan dijadikan sebagai masukan dalam sidang isbat untuk menentukan awal bulan Ramadhan.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah