Apa itu Hisab, Rukyat, dan Hilal? Ini Perbedaan Penentuan Puasa Ramadhan 2022 Muhammadiyah dan Pemerintah

- 30 Maret 2022, 16:30 WIB
Apa itu hisab, rukyat, dan hilal? Ini arti dan perbedaan penentuan puasa Ramadhan 2022 versi Muhammadiyah dan pemerintah.
Apa itu hisab, rukyat, dan hilal? Ini arti dan perbedaan penentuan puasa Ramadhan 2022 versi Muhammadiyah dan pemerintah. /ANTARA/Maulana Surya

BERITA DIY - Apa itu hilal, rukyat, dan hilal? Berikut pengertian dan perbedaan metode penentuan awal puasa Ramadhan 2022 yang dilakukan oleh Muhammadiyah dan pemerintah.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 1443 H untuk menentukan awal puasa tahun 2022.

Sidang ini akan digelar pada Jumat, 1 April 2022 secara hybrid (luring dan daring) di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

Baca Juga: 1 Ramadhan 2022 Jatuh pada Tanggal Berapa? Jadwal Puasa Muhammadiyah, NU, Pemerintah, Kapan Sidang Isbat

Pemerintah akan menggelar sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan 2022 ini dalam tiga tahap, yakni sebagai berikut:

1. Pemaparan posisi hilal awal ramadhan 1443 berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi).

Ini dilakukan oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag mulai pukul 17.00 WIB dan dibuka untuk umum serta disiarkan melalui live streaming.

2. Pelaksanaan sidang Isbat

Sesi ini digelar tertutup setelah sholat Maghrib. Pemerintah menggunakan data hisab dan juga merujuk pada hasil tukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan oleh tim ahli di 78 lokasi di seluruh Indonesia.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x