Khutbah Sholat Jumat Tema Sambut Puasa Bulan Ramadhan 2022 Mengharukan, Singkat, dan Jelas

- 31 Maret 2022, 13:39 WIB
ilustrasi - Contoh khutbah sholat Jumat sambut puasa bulan Ramadhan 2022.
ilustrasi - Contoh khutbah sholat Jumat sambut puasa bulan Ramadhan 2022. /PIXABAY/Smuldur

BERITA DIY - Simak contoh khutbah sholat Jumat tema sambut puasa bulan Ramadhan tahun 2022 mengharukan, singkat, dan jelas, serta masih dengan topik sabar dalam menghadapi pandemi.

Tanggal 1 Ramadhan 1443 Hijriyah akan jatuh di awal bulan April 2022 menyusul keputusan sidang isbat yang akan diadakan oleh Kemenag pada Jumat, 1 April 2022.

Menjelang datangnya puasa Ramadhan, hari pertama bulan April jatuh pada Jumat, di mana umat Muslim pria melaksanakan ibadah sholat wajib berjamaah.

Baca Juga: Hukum Melakukan Puasa Setengah Hari bagi Anak Kecil saat Bulan Ramadhan Menurut Beberapa Hadist

Ramadhan 2022 ini umat Muslim dan dunia masih dihadaptkan oleh cobaan pandemi Covid-19 meskipun sudah mengalami tanda-tanda penurunan.

Meski demikian, pandemi mengajarkan umat Muslim sebagai momen untuk bersabar dan merenungi apa yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Salah satu sabda Rasulullah SAW yang mengatakan "shum syahr al-shabr Ramadhan" atau memiliki arti "Puasalah di bulan melatih kesabaran, yakni bulan Ramadan".

Baca Juga: Jadwal Sidang Isbat Kemenag Besok, Link Live Streaming Penetapan Awal Puasa 1 Ramadhan 2022

Ibadah puasa yang dilakukan oleh umat Islam pada bulan Ramadhan adalah untuk menahan makan, minum, dan hafa nafsu lainnya, sehingga sabar merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam melaksanakan ibadah wajib ini.

Oleh karena itu, khutbah sholat Jumat dengan tema menyambut bulan puasa Ramadhan di tengah pandemi bisa menjadi cremah yang tepat.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x