Peringatan Hari PARFI 10 Maret 2022, Inilah Sejarah dan Daftar Susunan Pengurus Persatuan Artis Film Indonesia

- 10 Maret 2022, 12:40 WIB
Peringatan Hari PARFI 10 Maret 2022, Inilah sejarah dan daftar susunan pengurus dari ketua hingga anggota Persatuan Artis Film Indonesia yang jarang diketahui.
Peringatan Hari PARFI 10 Maret 2022, Inilah sejarah dan daftar susunan pengurus dari ketua hingga anggota Persatuan Artis Film Indonesia yang jarang diketahui. /https://www.freepik.com/free-photo/

BERITA DIY - Hari PARFI diperingati setiap tanggal 10 Maret. Berikut sejarah dan susunan pengurus Persatuan Artis Film Indonesia.

PARFI atau Peringatan Hari Persatuan Artis Film Indonesia tahun ini jatuh pada hari ini, Kamis, 10 Maret 2022, merupakan momen yang ditunggu artis tanah air.

Hari PARFI pada 10 Maret 2022 tak muncul dengan sendirinya, beberapa momen harus dilewati dalam waktu yang panjang terhitung sejak sebelum era kemerdekaan.

 Baca Juga: Tanggal 10 Maret 2022 Hari Apa? Apa itu Hari PARFI, Berikut Sejarah dan Daftar Peristiwa yang Terjadi

Dikutip BERITA DIY dari laman resmi PARFI, Hari Artis Film Indonesia telah ada dan dimulai sejak tahun 1940 dengan mengumpulkan artis-artis tanah air.

Pada tahun itu, para artis tanah air berkumpul dan membentuk suatu organisasi profesi yang dinamakan Sarikat Artis Indonesia (SARI) tahun 1940.

SARI terdiri dari kumpulan para pekerja yang memiliki profesi yang sama yakni di dunia hiburan sebagai pemain sandiwara, sutradara, penyanyi, penari, hingga pelukis.

Persatuan Artis Film dan Sandiwara Indonesia (Persafi) terbentuk setelah 11 tahun lamanya organisasi sebelumnya berdiri, tepatnya pada tahun 1952.

Sebagai wadah pengganti SARI, Persafi mengadakan kongres pada tahun 1953 yang nantinya akan menjadi awal terbentuknya PARFI.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x