Peluang Usaha UMKM yang Belum Banyak Pesaing Maret 2022, Apa Bisnis Franchise dengan Modal di Bawah Rp 5 Juta?

- 8 Maret 2022, 14:10 WIB
Membuka usaha mikro atau UMKM dari peluang usaha yang belum banyak pesaing Maret 2022 serta penjelasan bisnis franchise dengan modal di bawah Rp 5 juta.
Membuka usaha mikro atau UMKM dari peluang usaha yang belum banyak pesaing Maret 2022 serta penjelasan bisnis franchise dengan modal di bawah Rp 5 juta. /PEXELS/Nyomanalex Candra

BERITA DIY - Mendapatkan cuan bisa dilakukan dengan membuka usaha mikro atau UMKM, berikut peluang usaha yang belum banyak pesaing Maret 2022. Apa bisnis franchise dengan modal di bawah Rp 5 juta.

Sebelum ke daftar usaha kecil dan menengah yang bisa dicoba, kita perlu ketahui dulu apa itu sistem model bisnis franchise.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), franchise atau waralaba adalah kerja sama dalam bidang usaha dengan bagi hasil sesuai dengan kesepakatan.

Baca Juga: Daftar UMKM Online 2022 Masih Dibuka, Begini Cara Dapat BLT Rp 2,4 Juta Tanpa Login Link Eform BPUM BRI BNI

Dalam sumber yang sama, franchise atau waralaba juga diartikan sebagai adanya hak kelola dan hak pemasaran dan distribusi sebuah atau berbagai komoditas.

Sistem bisnis franchise bisa dicontohkan dengan produk asing atau nasional yang memberikan lisensi hak pemasaran ke pengusaha lokal seperti perusahaan Kentucky Fried Chicken (KFC), Coca Cola, Dunkin Donat, dan Pertamina kepada SPBU.

Pihak yang melakukan bisnis franchise dikenal sebagai franchisor atau dalam bahasa Indonesia disebut pewaralaba.

Keuntungan dari bisnis franchise atau waralaba adalah adanya bagi keuntungan sekaligus mengurangi risiko usaha. Artinya, risiko usaha juga akan dibagi dengan pemilik paten komoditas.

Baca Juga: UMKM Bukan Penerima BPUM BPNT Rp600 Ribu Bisa Dapat Bansos Rp2,55 Juta via Daftar Kartu Prakerja Gelombang 24

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x