Apa yang Dilakukan Umat Hindu di Bali Saat Perayaan Hari Raya Nyepi? Berikut Tradisi dan 4 Pantangan Penyepian

- 3 Maret 2022, 12:24 WIB
Apa yang dilakukan umat Hindu di Bali saat perayaan Hari Raya Nyepi? Berikut tradisi dan 4 pantangan Penyepian.
Apa yang dilakukan umat Hindu di Bali saat perayaan Hari Raya Nyepi? Berikut tradisi dan 4 pantangan Penyepian. /PIXABAY/iansherlock40

BERITA DIY - Simak apa saja yang dilakukan umat Hindu di Bali saat perayaan Hari Raya Nyepi 2022. Berikut adalah tradisi upacara dan 4 pantangan Catur Bratha Penyepian yang wajib dilakukan umat Hindu.

Hari Raya Nyepi merupakan hari suci bagi umat Hindu yang dirayakan pada tahun baru saka yang ditetapkan pada bulan kesepuluh. Tahun ini perayaan Nyepi Tahun Saka 1944 dilakukan pada Kamis, 3 Maret 2022.

Mayoritas umat Hindu di Indonesia tinggal di Bali, namun umat Hindu juga tersebar di beberapa daerah seperti Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Doa dan Terjemahan Bahasa Indonesia untuk Umat Hindu dalam Ibadah Hari Raya Nyepi Tahun 2022

Pada saat perayaan Hari Raya Nyepi, umat Hindu di Bali akan melakukan serangkaian acara adat mulai dari sebelum hari perayaan.

Rangkaian acara adat yang dilakukan mulai dari upacara Melasti, upacara Pengrupukan, Catur Brata Penyepian, dan ditutup dengan Ngembak Geni.

Perayaan Hari Nyepi menjadi salah satu sarana untuk memohon kepada Tuhan agar menyucikan Bhuana Alit atau alam manusia dan Bhuana Agung atau alam semesta.

Berikut adalah rangkaian adat yang dilakukan umat Hindu Bali pada perayaan Hari Raya Nyepi.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Pisces dan Cancer Hari Ini, 3 Maret 2022: Kurangi Stres Anda, Jangan Hiraukan Ucapan Orang

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x