15 Twibbon Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1944, Cocok untuk Bingkai Foto Story WhatsApp dan Instagram

- 2 Maret 2022, 14:52 WIB
 Ilustrasi - Kumpulan link download twibbon untuk Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1944 yang bisa digunakan untuk menghias status dan story WA atau Instagram, selengkapnya di sini.
Ilustrasi - Kumpulan link download twibbon untuk Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1944 yang bisa digunakan untuk menghias status dan story WA atau Instagram, selengkapnya di sini. /Pexels.com/@sliceisop

BERITA DIY – Link download twibbon untuk Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 yang akan dirayakan pada Kamis, 3 Maret 2022 mendatang, beserta penjelasan singkat mengenai Hari Raya Nyepi.

Pada Kamis, 3 Maret 2022 mendatang, Umat Hindu Indonesia akan merayakan salah satu hari suci keagamaan yaitu Hari Raya Nyepi. Secara umum, Nyepi adalah cara merayakan kedatangan Tahun Baru Saka, penanggalan kalender dalam budaya Hindu di Bali.

Dalam satu tahun kalender Saka terdiri dari 12 bulan, yaitu: Waisaka, Jiyestha, Asadha, Srawana, Bhadrapada, Aswina, Kartika, Margasira, Pusya, Mukha, Phalguna, dan Chaitra.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Raya Nyepi: Bahasa Bali dan Bahasa Indonesia, Beserta Link Twibbon Tahun Baru Saka 2022

Penjelasan Singkat Hari Raya Nyepi Bagi Umat Hindu

Menurut Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat di phdi.or.id, tujuan religius Hari Raya Nyepi adalah memohon kehadapan Tuhan Yang Maha Esa untuk menyucikan Bhuana Alit (manusia) dan Bhuana Agung (alam semesta).

Ritual nyepi diawali dengan melaksanakan upacara melasti beberapa hari sebelumnya. Melasti terdiri dari melas (melepas), ala (kotoran), dan asti (ada). Melasti adalah upacara yang diadakan untuk melepas segala kotoran (lahir dan batin) pada diri manusia. Jadi, ini merupakan upacara pembersihan dan penyucian diri umat Hindu sebagai Bhuana Alit.

Ada empat pantangan yang wajib ditaati oleh umat Hindu saat melakukan ibadah Nyepi, yaitu:

1. Amati Geni, yang artinya tak menyalakan api, listrik, cahaya, dan tidak diperbolehkan mengobarkan hawa nafsu.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x