Cara Akses Situs Sidata-ptn.ltmpt.ac.id untuk Cek Keketatan Prodi dan Daya Tampung PTN di SNMPTN 2022

- 21 Februari 2022, 15:55 WIB
 Ilustrasi mahasiswa yang sudah lulus kuliah. Peserta SNMPTN 2022 dapat mengakses situs Sidata-ptn.ltmpt.ac.id untuk mengetahui keketatan dan daya tampung prodi dan universitas di SNMPTN 2022.
Ilustrasi mahasiswa yang sudah lulus kuliah. Peserta SNMPTN 2022 dapat mengakses situs Sidata-ptn.ltmpt.ac.id untuk mengetahui keketatan dan daya tampung prodi dan universitas di SNMPTN 2022. / Pixabay.com/@ptksgc

BERITA DIY – Cara mengakses situs sidata-ptn.ltmpt.ac.id untuk melihat daya tampung PTN dan menghitung persentase keketatan prodi, cek di sini.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 sejak Senin,14 Februari 2022 lalu. Registrasi akan ditutup dua minggu kemudian, yaitu pada Senin, 28 Februari 2022 pukul 15:00 WIB.

Dalam waktu dua minggu yang disediakan tersebut, siswa harus mengunggah berbagai berkas dan melakukan pendaftaran sendiri seperti login, memilih universitas dan program studi yang diinginkan, mengisi berkas nilai dan portofolio, hingga finalisasi serta mencetak kartu. Tahapan registrasi tersebut dilakukan secara daring melalui laman portal.ltmpt.ac.id.

Baca Juga: Link Daftar SNMPTN 2022 di snmptn.ltmpt.ac.id, Simak Cara dan Syarat untuk Mendaftar Online di Sini

Untuk meningkatkan persentase diterima dalam universitas dan prodi yang kita inginkan, siswa harus mengecek berapa banyak kursi yang disediakan oleh universitas dan prodi tersebut. Hal ini dilakukan supaya siswa dapat mengira-ngira apakah siswa tersebut mampu lolos dengan nilai yang dimiliki, atau tidak.

Pengecekan keketatan program studi dan daya tampung PTN dapat dilakukan melalui laman di masing-masing universitas. Namun, pihak LTMPT mempunyai laman sendiri yang merekap berbagai universitas PTN dan prodi yang ada, termasuk di dalamnya daya tampung PTN tersebut di Sidata-ptn.ltmpt.ac.id.

Cara Mengecek Daya Tampung Prodi dan Universitas

Perlu diketahui, untuk mengecek data daya tampung dan keketatan di masing-masing prodi di Sidata-ptn.ltmpt.ac.id, dibutuhkan akun LTMPT khusus yang sudah terdaftar dan divalidasi, yang dibuat bersamaan dengan pendaftaran SNMPTN 2022.

Baca Juga: Cara Kompres File PDF dan PNG atau JPG Jadi 2 MB untuk Unggah Pendaftran SNMPTN 2022

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x