Cara Membuat Kulit Kebab Lentur Anti Robek Tahan 1 Bulan, Cukup Gunakan 4 Bahan Ini

- 19 Februari 2022, 07:40 WIB
Cara membuat kulit kebab lentur, tidak mudah robek, dan tahan hingga 1 bulan, cukup gunakan 4 bahan.
Cara membuat kulit kebab lentur, tidak mudah robek, dan tahan hingga 1 bulan, cukup gunakan 4 bahan. / instagram.com/cooking_tourr
 
BERITA DIY - Artikel kali ini akan membahas mengenai cara untuk membuat kulit kebab lentur, tidak mudah robek, dan tahan hingga 1 bulan. Anda cukup menggunakan 4 bahan saja. 
 
Kebab merupakan jenis makanan cepat saji yang berasal dari daerah Timur Tengah. Makanan ini terbuat dari daging sapi, mayones, dan sayuran segar yang kemudian dibalut dengan kulit tortila.
 
Selain menggunakan daging sapi, kebab juga dapat diisi dengan daging domba dan daging kambing. Kebab sangat disukai banyak orang dari berbagai kalangan, terlebih bagi para pecinta daging.
 
 
Kebab dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Namun karena penggunaan daging sapi sebagai isian, kebab dianggap terlalu mahal bagi pedagang kecil, akhirnya muncul invovasi baru dalam pembuatan kebab.
 
Untuk tetap dapat menjual kebab dengan harga yang murah, tidak jarang para pedagang menggunakan sosis dan daging ayam sebagai isian. 
 
Proses membuat kebab tergolong gampang-gampang susah, sebab terkadang akan terjadi masalah dalam pembuatan bagian kulitnya. Masalah tersebut dapat berupa kulit yang terlalu kaku atau kulit yang mudah robek.
 
 
Anda tidak perlu khawatir, ikuti langkah berikut ini untuk membuat kulit kebab atau kulit tortila agar lentur dan tidak mudah robek. Anda harus menyiapkan bahan-bahan dan mengikuti langkah berikut dengan teliti.
 
Bahan:
 
13 sdm tepung terigu protein sedang
 
5 sdm tepung beras
 
1/2 sdt garam
 
1/2 sdt baking powder
 
300 ml air
 
 
Langkah membuat:
 
1. Siapakan wadah atau baskom bersih. Masukkan tepung terigu dan tepung beras ke dalam wadah. 
 
2. Tambahkan setengah sendok teh garam dan setengah sendok teh baking powder. Aduk keempat bahan hingga merata.
 
3. Kemudian tambahkan 300 ml air putih secara bertahap, sambil diaduk dengan menggunakan wisker. Aduk hingga tidak ada tepung yang menggumpal.
 
 
4. Siapkan teflon dan panaskan dengan api kecil. Setelah teflon panas, masukkan satu sendok sayur adonan dan ratakan hingga menutupi seluruh permukaan teflon.
 
5. Tunggu beberapa saat hingga tidak ada permukaan yang basah, setelah itu balik kulit tersebut.
 
6. Setelah beberapa saat akan muncul gelembung-gelembung pada kulit. Anda dapat membolak-balik kulit hingga kedua sisinya matang.
 
 
7. Lakukan cara yang sama pada semua adonan yang tersisa. Satu adonan akan menghasilkan 12 lembar kulit kebab.
 
Agar kulit kebab bisa tahan lama, Anda dapat menyimpannya di dalam freezer. Sebelum dimasukkan ke dalam freezer, bungkus kulit kebab dengan plastik kedap udara. Kulit kebab yang disimpan dalam freezer dapat bertahan hingga satu bulan lebih.
 
Demikian cara untuk membuat kulit kebab lentur dan tidak mudah robek. Anda cukup menggunakan empat bahan yang sangat mudah ditemukan dan ekonomis.***

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x