Efek Samping Vaksin Covid-19 Booster dan Bagaimana Cara Menghadapi KIPI?

- 18 Februari 2022, 13:17 WIB
ILUSTRASI - Orang mungkin mengalami beberapa efek samping vaksin Covid-19 booster setelah imunisasi.
ILUSTRASI - Orang mungkin mengalami beberapa efek samping vaksin Covid-19 booster setelah imunisasi. /Unsplash / Ed Kami

BERITA DIY - Simak efek samping vaksin Covid-19 booster dan bagaimana cara menghadapi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Indonesia telah memasuki kegiatan vaksinasi booster atau suntikan ketiga. Lalu adakah efek samping dari vaksin Covid-19 tersebut? Apabila mengalami keluhan, apa yang harus dilakukan untuk menghadapi KIPI?

Sebagai informasi vaksin booster Covid-19 mulai dilakukan bulan Januari lalu dan sementara untuk warga yang telah menyelesaikan vaksinasi dosis kedua dengan jarak enam bulan.

Baca Juga: Efek Samping 6 Vaksin Booster dan Cara Mengatasinya: Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Zivifax, CoronaVac, Sinovac

Baca Juga: Vaksinasi Terbukti Dapat Kurangi Tingkat Keparahan Omicron, 4 Manfaat Vaksin Covid-19 yang Wajib Diketahui

BPOM telah memberikan izin beberapa jenis vaksin di Indonesia sebagai dosis ketiga, yakni Sinopharm, Bio Farma, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, hingga Zififax.

Dikutip dari laman covid19.go.id, orang yang mengalami reaksi, efek samping atau yang disebut dengan KIPI sangatlah wajar terjadi pasca mendapat suntikan vaksin.

Meskipun memiliki efek samping, reaksi yang timbul karena vaksinasi jauh lebih ringan dibandingkan terkena Covid-19 atau kompilkasi yang disebabkan oleh virus corona.

Baca Juga: Gejala Omicron Ringan dan Berat pada Anak Serta Dewasa, Ketahui Syarat Saat Isolasi Mandiri di Rumah

Baca Juga: Lakukan Deteksi Dini, Berikut Gejala Omicron Pada Orang Dewasa dan Cara Mencegahnya serta Penanganan

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x