Dzikir Hasbunallah Wanimal Wakil untuk Menyelamatkan dari Kesusahan: Makna, Tata Cara, Fadhilah, dan Dalil

- 15 Februari 2022, 15:49 WIB
ILUSTRASI - Dengan Dzikir Hasbunallah Wanimal Wakil untuk menyelamatkan dari kesusahan dilengkapi dengan makna, tata cara, fadhilah, dan dalil.
ILUSTRASI - Dengan Dzikir Hasbunallah Wanimal Wakil untuk menyelamatkan dari kesusahan dilengkapi dengan makna, tata cara, fadhilah, dan dalil. /PIXABAY/mohamed_hassan

BERITA DIY – Dzikir Hasbunallah Wanimal Wakil merupakan kalimat yang tidak asing dalam kehidupan umat muslim, berikut makna, tata cara, fadhilah, dan dalil.

Kalimat ini termasuk satu dari sekian kalimat dzikir yang sering dilafalkan umat muslim usia berdoa atau ibadah. Bahkan kalimat dzikir ini sering banyak dianjurkan kalangan ulama.

Versi lengkap dari dzikir ini adalah hasbunallah wa ni'mal wakil ni'mal maula wa ni'man nashir. Yang memiliki arti “cukuplah Allah menjadi penolong kami, dan Allah adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong kami.”

Baca Juga: Bacaan Doa Dzikir Bulan Rajab Sebagai Amalan Lengkap dengan Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Sesuai dengan arti tersebut mencerminkan bagaimana umat manusia hendaknya meminta pertolongan dan juga perlindungan hanya kepada Allah.

Yang terpenting adalah dalam keadaan apapun, susah maupun senang harus selalu berserah diri kepada-Nya karena sebaik-baiknya pertolongan adalah Allah Maha Pemberi Pertolongan.

Dalam al-Quran pada ayat 173 surat Ali Imran menyebutkan bahwa kalimah dzikir Hasbunallah wanikmal wakil diucapkan umat Islam tengah menghadapi kesulitan berupa peperangan.

Baca Juga: Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Tahajud dan Witir Lengkap dengan Arti Bahasa Indonesia

Latin: allażīna qāla lahumun-nāsu innan-nāsa qad jama'ụ lakum fakhsyauhum fa zādahum īmānaw wa qālụ ḥasbunallāhu wa ni'mal-wakīl

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x