Asteroid AA Dekati Bumi di Bulan Februari 2022? Simak Penjelasan BRIN dan Peneliti China

- 1 Februari 2022, 19:30 WIB
ILUSTRASI. Kabarnya asteroid bertipe AA akan mendekati bumi di bulan Februari 2022 ini. Apa efeknya untuk bumi dan simak penjelasan BRIN
ILUSTRASI. Kabarnya asteroid bertipe AA akan mendekati bumi di bulan Februari 2022 ini. Apa efeknya untuk bumi dan simak penjelasan BRIN /Pixabay/AlexAntropov86

BERITA DIY - Asteroid bertipe AA dikabarkan akan mendekati bumi di bulan Februari 2022 ini. Apa efeknya untuk bumi dan simak penjelasan BRIN atau Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Kabar tersebut datang dari Pusat Riset Antariksa BRIN menjelang awal Februari silam. Ukuran asteroid AA yang mendekati bumi itu dikatakan mencapai 71 meter.

Sementara kecepatan gerakan asteroid AA tersebut begitu cepat, hingga menyentuh kecepatan 13.200 km per jam saat melintasi bumi nanti.

Baca Juga: Info Gempa Bumi Terkini RESMI dari BMKG di Malang M 5,2 Malam Ini: Pusat Gempa hingga Hal yang Memicu

Diprediksi, asteroid AA akan melintas bumi sekitar tanggal 4 Februari 2022. Tanggal ini bisa berbeda tergantung lokasi negara yang melihatnya.

Di Indonesia sendiri, asteroid AA akan melintas tepat pada 5 Februari 2022 pada pukul 04.16 WIB, dengan jarak 2.542.000 km dari Bumi. Jarak tersebut menurut BRIN lebih besar dari batas roche.

Dikutip dari berbagai sumber, batas roche merupakan batas hancurnya benda asing yang dekat dengan bumi akibat gaya pasang surut antara bumi dengan benda tersebut.

Baca Juga: Tanggal 23 Januari 2022 Hari Apa? Ada Peringatan Gempa Bumi 800 Ribu Orang Tewas dan Peristiwa Lainnya

Selain itu, dengan jarak tersebut, BRIN menyebut meski melintas dekat, asteroid AA tidak punya pengaruh yang begitu besar terhadap kehidupan di bumi atau bisa dikatakan aman.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x