Gempa Terkini Pangandaran, Magnitudo 5,3 Dirasakan Cilacap, hingga Tasikmalaya Potensi Tsunami? Ini Kata BMKG

- 28 Januari 2022, 09:51 WIB
Info terkini gempa di Pangandaran yang mengguncang sejumlah kota di Jawa Barat. Serta penjelasan BMKG, apakah berpotensi tsunai atau tidak hari ini, 28 Januari 2022.
Info terkini gempa di Pangandaran yang mengguncang sejumlah kota di Jawa Barat. Serta penjelasan BMKG, apakah berpotensi tsunai atau tidak hari ini, 28 Januari 2022. /PIXABAY/Tumisu

BERITA DIY - BMKG mengabarkan perkembangan gempa terkini di Pangandaran yang dirasakan kemarin, Kamis 27 Januari 2022 pukul 23.03 WIB.

Getaran gempa di Pangandaran bisa dirasakan hingga Cilacap, Ciamis, hingga Tasikmalaya dengan kekuatan mencapai 5,3 magnitudo.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan jika gempa di Pangandaran terletak di titik koordinat 8,81 Lintang Selatan dan 108,09° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 130 km arah Selatan Kota Pangandaran, Jawa Barat pada kedalaman 42 km.

Baca Juga: Tanggal 23 Januari 2022 Hari Apa? Ada Peringatan Gempa Bumi 800 Ribu Orang Tewas dan Peristiwa Lainnya

Bambang Setiyo selaku Ketua PUsat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG menjelaskan jika gempa yang terasa hingga Cilacap tersebut terjadi di Samudra Hindia Selatan Jawa dan masuk dalam gempa tektonik.

Belum diketahui ada-tidaknya kerusakan bangunan dan korban jiwa akibat gempa Pangandaran. BMKG dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih mendatanya.

Dari data yang diketahui Bambang, gempa bumi ini adalah jenis gempa dangkal akibat adanya aktivasi subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lemperng Eurasia.

Baca Juga: Info Gempa Bumi Hari Ini Terkini Magnitudo 3,5 Guncang Malang dan Jogja Resmi BMKG, Berikut Pusat Gempanya

Gempa bumi di Pangandaran, menurut Bambang, masuk dalam skala intensitas III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x