Siapa Itu Pak Kasur dan Ibu Kasur? Berikut Biografi Lengkapnya

- 17 Januari 2022, 11:45 WIB
Biografi Ibu Kasur dan Pak Kasur, dua tokoh legendaris pencipta lagu anak Indonesia yang menjadi Google Doodle 16 Januari 2022.
Biografi Ibu Kasur dan Pak Kasur, dua tokoh legendaris pencipta lagu anak Indonesia yang menjadi Google Doodle 16 Januari 2022. //Tangkapan layar laman Google

BERITA DIY – Ketahui siapa itu Pak Kasur dan Ibu Kasur, dua tokoh yang pencipta lagu anak Indonesia lengkap dengan biografi keduanya, berikut ini.

Tentunya kita tidak asing dengan lagu anak-anak seperti Balonku, Dua Mata Saya, Kring-kring Ada Sepeda dan Lihat Kebunku. Semua lagu tersebut merupakan lagu ciptaan Pak Kasur atau yang memiliki nama Soerdjono dan Ibu Kasur atau yang memiliki nama asli Sandinah.

Pak Kasur dan Ibu Kasur adalah pasangan pencipta lagu anak legendaris di Indonesia. Kisah pertemuan keduanya hingga melahirkan banyak lagu yang diingat hingga hari ini pun sangat menarik.

Baca Juga: Siapa Itu Kak Seto? Ketahui Profil Lengkap Pemerhati Anak dan Pencipta Karakter Si Komo

Berikut biografi dari Pak Kasur dan Ibu Kasur dirangkum BERITA DIY dari berbagai sumber, selengkapnya.

Pak Kasur lahir di Serayu, Purbalingga pada 26 Juli 1912 dengan nama Soerdjono. Ia merupakan anak bungsu atau terakhir dari sembilan bersaudara.

Semasa sekolah di HIS (setingkat SD) dan MULO (setingkat SMP), teman-teman Pak Kasur memanggilnya dengan nama Susur dan dikenal sebagai kak Soer di kepanduan.

Setelah tamat MULO, Pak Kasur tidak melanjutkan sekolah dan bekerja sebagai guru bantu di Ardjoena School di Yogykarata. Namun rekan sesama guru kemudian menyekolahkan Pak Kasur ke HIK atau sekolah pendidikan guru karena melihat potensi dalam diri Pak Kasur.

Baca Juga: Siapa Itu Mark David Chapman? Kisah Penembakan John Lennon Gitaris The Beatles Hari Ini, 41 Tahun yang Lalu

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x