Apa Itu Vaksin Booster? Untuk Siapa, Berapa Harga dan Syarat Dapatnya

- 6 Januari 2022, 09:46 WIB
Informasi seputar vaksin booster yang akan dimulai 12 Januari 2022, seperti untuk siapa, berapa harga dan syaratnya.
Informasi seputar vaksin booster yang akan dimulai 12 Januari 2022, seperti untuk siapa, berapa harga dan syaratnya. /ANTARA/Adiwinata Solihin

BERITA DIY - Pemerintah mengumumkan akan segera memberikan vaksin booster mulai 12 Januari 2022. Simak informasi seputar vaksin booster, seperti untuk siapa, harga, dan syaratnya.

Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor: HK.02.01/1/1919/2021 resmi dirilis oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tentang Vaksinasi Dosis Ketiga Bagi Seluruh Tenaga Kesehatan, Asisten Tenaga Kesehatan, dan Tenaga Penunjang yang Bekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Menilik dari surat tersebut, vaksin booster atau vaksinasi dosis ketiga akan mulai diberikan kepada tenaga kesehatan atau orang yang bekerja dibidang kesehatan atau penunjang tenaga kesehatan.

Baca Juga: Apa Itu Vaksin Booster yang Bakal Dimulai 12 Januari 2022? Berapa Harganya dan Apa Syarat Untuk Mendapatkanya

Untuk vaksin booster atau vaksinasi ketiga ini, Pemerintah akan menggunakan vaksin moderna dengan jenis MRNA-1273 yang penyuntikkannya dilakukan secara intramuskular dengan dosis 0,5 ml sebanyak satu dosis.

Pada vaksinasi ketiga atau vaksin booster yang akan dimulai pekan depan, akan diberikan lebih dahulu kepada kurang lebih 1,5 juta tenaga kesehatan yang tersebar dari seluruh penjuru Tanah Air.

Selain itu, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmidzi mengungkapkan meski vaksin ketiga akan segera dimulai, dirinya meminta publik untuk menahan diri dan bersabar, sebab masih banyak masyarakat yang belum menerima vaksin dosis satu dan dua.

Baca Juga: Cara Dapat Vaksin Booster Covid-19 Gratis untuk Masyarakat Umum: Kriteria dan Syarat

“Kami memohon agar publik dapat menahan diri untuk tidak memaksakan kepada vaksinator untuk mendapatkan vaksin ketiga. Masih banyak saudara-saudara kita yang belum mendapatkan vakssin. Mohon untuk tidak memaksakan kehendak,” ujar dr. Nadia dilansir dari laman Kemenkes.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x