Resep Rendang Sapi khas Minangkabau Lengkap dengan Cara Membuat dan Bahan Mudah Bikin Ketagihan

- 9 Desember 2021, 16:41 WIB
Ilustrasi - Resep dan cara membuat masakan Rendang Sapi Istimewa, hidangan olahan daging sapi khas daerah Minangkabau (Minang) yang bikin ketagihan.
Ilustrasi - Resep dan cara membuat masakan Rendang Sapi Istimewa, hidangan olahan daging sapi khas daerah Minangkabau (Minang) yang bikin ketagihan. /tangkap layar youtube.com/Devina Hermawan

BERITA DIY – Berikut ini resep dan cara membuat masakan Rendang Sapi Istimewa, hidangan olahan daging sapi khas daerah Minangkabau (Minang) yang bikin ketagihan.

Siapa yang tidak tahu hidangan satu ini, semua kalanagan pasti tahu hidangan ini apa lagi pecinta masakan padang, menu ini pasti menjadi menu andalan. Hidangan tersebut adalah Rendang.

Rendang merupakan masakan daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama menggunakan aneka rempah-rempah dan santan.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Sup Ayam, Bikin Badan Hangat di Musim Hujan ala Chef Devina Hermawan

Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak.

Dalam suhu ruangan, Rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna cokelat terang keemasan.

Dalam makna budaya, Rendang memiliki posisi terhormat dalam budaya masyarakat Minangkabau. Rendang memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minang Sumatra Barat.

Baca Juga: Resep Donat Empuk Tanpa Mixer Bahan Sederhana Dijamin Anti Gagal, Cocok untuk Cemilan hingga Jualan

Filosofinya yaitu musyawarah dan mufakat, yang berangkat dari empat bahan pokok yang melambangkan keutuhan masyarakat Minang.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x