Apa Itu Varian Corona Delta Plus AY.4.2 ? Berikut Penjelasan dan Cara Cegah Covid-19 Delta Plus

- 10 November 2021, 21:00 WIB
ILUSTRASI - Varian Delta Plus masih erat dengan varian Delta yang tingkat penyebarannya lebih cepat dibanding virus corona orisinal.
ILUSTRASI - Varian Delta Plus masih erat dengan varian Delta yang tingkat penyebarannya lebih cepat dibanding virus corona orisinal. /UNSPLASH/fusion_medical_animation

BERITA DIY - Virus Corona varian Delta Plus AY.4.2 telah ditemukan usai dikabarkan menyebar di Malaysia dan Singapura. Lantas, apa itu varian Corona Delta Plus AY.4.2? Berikut penjelasan selengkapnya.

Delta Plus AY.4.2 merupakan sub varian virus corona yang baru-baru ini berhasil diidentifikasi. Varian ini menjadi salah satu mutasi virus corona yang dikhawatirkan berbahaya dan memiliki kecepatan dalam menginfeksi tubuh manusia lebih cepat.

Dilansir dari Aljazeera, varian Delta Plus AY.4.2 pertama kali diidentifikasi di Inggris pada bulan Juli dan sekarang telah menyebar ke setidaknya 42 negara, termasuk Amerika Serikat.

Baca Juga: Daftar Negara yang Terdeteksi AY.4.2, Varian Corona Apa Itu dan Apakah Delta Plus Lebih Bahaya?

Hal ini berdasarkan pada pembaruan epidemiologi mingguan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terbaru tentang COVID-19.

Subvarian AY.4.2 diketahui mengandung dua mutasi sekaligus tambahan pada protein lonjakannya, yang merupakan bagian dari virus yang menonjol dan memungkinkannya mengikat sel inang manusia sehingga menginfeksi mereka.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan peningkatan kasus AY.4.2 telah diamati sejak Juli.

"Peningkatan AY.4.2 pengiriman urutan telah diamati sejak Juli," kata WHO yang dikutip dari Al-Jazeera, Selasa 2 November 2021.

Mutasi – Y145H dan A222V –  hingga saat ini masih terus diteliti lebih lanjut oleh para ilmuwan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: WHO.Int Aljazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x