Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu yang Pendek, Singkat Namun Sesuai Sunnah

- 30 Oktober 2021, 11:57 WIB
Bacaan dzikir dan doa setelah sholat fardhu yang pendek, singkat namun sesuai sunnah. Bisa dipakai oleh Muhammadiyah maupun Nahdlatul Ulama.
Bacaan dzikir dan doa setelah sholat fardhu yang pendek, singkat namun sesuai sunnah. Bisa dipakai oleh Muhammadiyah maupun Nahdlatul Ulama. /PIXABAY/rudolf_langer

BERITA DIY - Simak bacaan dzikir dan doa setelah sholat fardhu yang pendek, singkat namun sesuai sunnah.

Seperti diketahui, umat Islam wajib untuk mendirikan sholat 5 waktu, yakni shubuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya.

Usai menunaikan sholat fardhu tersebut, umat Islam disunnahkan untuk membaca dzikir dan doa.

Baca Juga: Dzikir Pagi dan Petang Pembuka Rezeki Beserta Bacaan Doa Pelunas Utang: Arab, Latin, Artinya Bahasa Indonesia

Rasulullah senantiasa berdzikir dan berdoa setelah sholat. Hal ini diungkapkan dalam hadis riwayat Bukhari-Muslim yang artinya:

Dari Ibnu Abbas ra ia berkata: “Bahwa mengeraskan suara dalam berdzikir ketika orang-orang selesai sholat maktubah sudah ada pada masa Nabi saw”. (H.R Bukhari-Muslim).

Baca Juga: Bacaan Doa dan Sholawat Maulid Nabi Muhammad SAW Lengkap: Latin, Arab, Indonesia dan Link PDF Kitab Barzanji

Berikut merupakan bacaan doa setelah melaksanakan sholat fardhu 5 waktu sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ


Bismillaahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin. Hamdayyu-waafii ni’amahuuwayukaafi’u maziidah. Yaa rabbanaa lakalhamdu wa lakasy syukruka-maa yambaghiilijalaaliwajhika wa ‘azhiimisul-thaanik.

Artinya : "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segalah syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu."

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x