Isi Teks dan Siapa Penulis Naskah Sumpah Pemuda, Ini Putusan Kongres hingga Arti dan Makna Sumpah Pemuda Kedua

- 26 Oktober 2021, 17:05 WIB
Isi teks dan siapa penulis naskah Sumpah Pemuda, berikut putusan kongres hingga arti dan makna sumpah pemuda kedua.
Isi teks dan siapa penulis naskah Sumpah Pemuda, berikut putusan kongres hingga arti dan makna sumpah pemuda kedua. /Twibbonize.com/Yusiko Djalius

BERITA DIY - Simak isi teks dan siapa penulis naskah Sumpah Pemuda, berikut putusan kongres hingga arti dan makna sumpah pemuda kedua.

Sumpah pemuda sendiri merupakan hasil Kongres Pemuda II yang dilakukan pada 27 dan 28 Oktober 2021. Kongres Pemuda I sendiri dilaksanakan pada 30 April-2 Mei 1926, namun tak ada hasil.

Dikutip dari website Kemendikbud, Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh indonesia.

Baca Juga: Link Download Logo Hari Sumpah Pemuda ke-92 28 Oktober JPG, PNG, PDF Beserta Pedoman Penggunaan

Kongres Pemuda II dipimpin oleh Soegondo Djojopuspito dan melibatkan seluruh organisasi pemuda di Hindia Belanda saat itu. Diantaranya Jong Java, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Ambon, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Pemuda Kaum Betawi, Sekar Rukun, dan banyak lagi.

Dalam Kongres Pemuda II itu, terdapat rumusan hasil yang dibacakan oleh Soegondo Djojopuspito dan dijelaskan lebih lanjut oleh Muh Yamin, yang juga merupakan penulis Sumpah Pemuda

Baca Juga: Sejarah Sumpah Pemuda yang Diperingati 28 Oktober, Serta Teks dan Tokoh Nasional yang Terlibat

Rumusan-rumusan tersebut yang kemudian kini dikenal dengan nama teks Sumpah Pemuda, yang isinya juga adalah putusan kongres:

Pertama, Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x