Sejarah Sumpah Pemuda yang Diperingati 28 Oktober, Serta Teks dan Tokoh Nasional yang Terlibat

- 26 Oktober 2021, 13:20 WIB
Sumpah Pemuda 8 Oktober sejarah, teks, dan tokoh.
Sumpah Pemuda 8 Oktober sejarah, teks, dan tokoh. /ANTARA/M Risyal Hidayat

BERITA DIY - Menjelang peringatan Sumpah Pemuda yang akan diperingati pada 28 Oktober, simak sejarah lengkap dengan teks yang dihasilkan serta tokoh nasional yang terlibat di dalamnya.

Setiap tanggal 28 Oktober, bangsa Indonesia merayakan salah satu hari besar yang menjadi tonggak sejarah Indonesia. Peristiwa besar yang diperingati pada tanggal itu adalah dilaksanakannya Sumpah Pemuda.

Peringatan Sumpah Pemuda sendiri sudah mulai diperingati sedari jauh hari. Dalam sejarah, peringatan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober sendiri telah diperingati semenjak masa Presiden Soekarno pada Orde Lama.

Baca Juga: 28 Link Twibbon Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021, Simak Cara Download untuk Pasang di Sosmed

Peringatan Sumpah Pemuda yang terus diperingati setiap tanggal 28 Oktober sendiri dilakukan dengan berbagai tujuan. Salah satu tujuan merayakan hari besar tersebut adalah guna kembali mengingat sejarah perjuangan bangsa.

Selain itu, dengan turut memperingati Sumpah Pemuda juga memiliki tujuan yang lain. Salah satunya adalah mengingat kembali sejarah dan mengokohkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Meski selalu diperingati pada 28 Oktober, namun mengenai sejarah dari Sumpah Pemuda atau peristiwa yang terjadi masih jarang diketahui oleh publik secara luas.

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional Oktober 2021: Sumpah Pemuda hingga Hari Ulang Tahun PBB

Mengutip dari laman resmi museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id maka dapat diketahui bahwa sejarah Sumpah Pemuda berawal dari semangat para pemuda yang ingin mempersatukan bangsa Indonesia.

Peristiwa Sumpah Pemuda sendiri diprakarsai oleh Perhimpungan Pelajar Pelajar Indonesia atau PPPI yang kemudian mengumpulkan seluruh perkumpulan pemuda di Indonesia dan mengadakan 3 kali rapat.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x